Himatri Gelar Workshop SPSS

Berita 07 Oktober 2018 Taslim 17



STT Ibnu Sina - Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (Himatri) menggelar Workshop pengelolaan data menggunakan aplikasi Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) bagi mahasiswa dengan narasumber tunggal, Sanusi,M.Eng.,IPM.

Pengelolaan data sangat banyak dijumpai mahasiswa sehingga dirasa sangat perlu mengetahui pengoperasioan SPSS. SPSS merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan analisis statistika tingkat lanjut, analisis data dengan algoritma machine learning, analisis string, serta analisis big data yang dapat diintegrasikan untuk membangun platform data analisis.

Menurut Sanusi, SPSS digunakan berbagai institusi termasuk perguruan tinggi untuk analisis data. Pengelolaan data penggunaan SPSS dapat dilakukan seperti research, penelitian akademik, data mining dan lainya.

"Dimana ujungnya sangat membantu dalam pengambilan keputusan,"ujar Sanusi, saat memberikan materi waorkshop, Ahad (7/10/2019).

Workshop ini diikuti puluhan mahasiswa berasal dari internal STT Ibnu SIna Batam.

Adapun metode pendekatan yang digunakan dalam program ini adalah dengan memberikan tutorial, simulasi analisis data statistik meliputi analisis korelasi, regresi, dan komparasi.

"Para mahasiswa seharusnya mmapu mengelol data statistik menggunakan SPSS,"ujarnya.




Top