Ka. LPPM STT Jadi Verifikator SINTA

Berita 05 April 2018 Taslim 3



STT Ibnu Sina - Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STT Ibnu Sina Batam, Albertus LS,MT menjadi verifikator Science and Techology Index (SINTA) publikasi sitasi nasional serta jurnal dari dosen peneliti. Hal ini dilalui setelah mengikuti pelatihan di Universitas Negeri Padang (UNP), yang dilaksanakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan, (2-3/4/2018).

Peserta pelatihan ini sebanyak 108 orang dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Provinsi Sumbar, Riau dan Jambi. SINTA adalah sistem aplikasi yang dibuat untuk mendata publikasi dan sitasi nasional serta internasional dari dosen dan peneliti di Indonesia. Ini dapat memetakan kepakaran dan pemeringkatan kinerja dari penulis, institusi dan jurnal terbaik di Indonesia.

SINTA diharapkan dapat memotivasi para dosen dan peneliti agar lebih giat menghasilkan publikasi. Kata Albertus, salah satu tugas verifikator adalah memotivasi para dosen untuk membuat jurnal termasuk dalam meng upload hasil penelitiannya ke Sinta.

"Verifikator untuk membantu para dosen mengupload. Tata caranya,"ujar Albertus.

Katanya, dosen harus mau meneliti dan menulis jurnal internasional. Ini termasuk dalam Tridharma perguruan tinggi tugas dosen untuk mentransformasikan ilmu pengetahuan dan teknologi.




Top