Lokakarya VMTS, STT Siap Lahirkan Jiwa Teknopreneur

Berita 24 November 2018 Taslim 10



STT Ibnu Sina - Capaian STT Ibnu Sina yang dituangkan dalam Visi Misi dari 2014 lalu sudah akan berakhir tahun depan. Manajemen kini tengah menyusun konsep tujuan perguruan tinggi dalam kurun waktu 15 tahun kedepan.

Lokakarya Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran (VMTS) pun dilakukan untuk mendapatkan masukan yang konkrit sesuai kebutuhan zaman, Sabtu (24/11/20180 di Aula STT Ibnu Sina gedung D. Dalam pertemuan itu, turut hadir perwakilan dari perusahaan, alumni, yayasan, dosen dan pemerintah.

Ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir. Larisang,MT.,IPM. mengatakan, untuk mencapai kampus unggulan maka target capaian adalah akreditasi. Bertahan pada visi sebelumnya maka tidak akan menjadi unggul lagi karena mayoritas perguruan tinggi sudah berada pada posisi ini. 

"Kalau kita bertahan disini (visi sebelumnya), kita tidak unggul lagi karena sudah menjadi umum. Tidak bisa dijadikan standar sifatnya permanen, semua universitas menuju kesitu,"ujar Larisang.

Karena itu, dalam menyusun visi sehingga menghasilkan alumni yang mumpuni harus ada kelebihan dan bereputasi yang dibuktikan seperti prestasi.

"Pengakuan berupa apa yang kita juarai, terlihat dibidang teknopreneur. Alumni kita bejiwa teknopreneur,"tambahnya.

visi STT sebelumnya, yakni "Pada tahun 2019 menjadi Sekolah Tinggi Teknik Unggulan Nasional, Berdaya Saing Global Berbasis Iman dan Takwa". Sementara dalam draft visi baru ini, konsep yang ditawarkan memiliki jiwa teknopreneur dengan redaksi "Menjadi Sekolah Tinggi Teknik Unggulan Bereputasi Nasional Berjiwa Teknopreneur Berbasis Iman dan Takwa pada tahun 2034".

"Jiwa teknopreneur ada dua, menjadi pengusaha sukses atau pegawai sukses. Konsep teknorpreneur adalah daya kreatif, inovatif kapan saja. Tugas kita memproduksi alumni,"ujarnya.

Ketua penyusunan VMTS, M. Ansyar Bora, MT.,IPM. mengatakan, lokakarya tidak lain untuk mendapat masukan baik dari internal maupun eksternal. Draft yang dibuat sudah dirumuskan sekitar satu bulan lamanya bersama tim.

"Masukan sangat kita butuhkan. Karena capaian yang kita harapkan adalah melahirkan alumni yang unggul, mampu menjawab tantangan zaman, apalagi saat ini sudah memasuki era 4.0,"ujarnya.

Lokakarya ini berjalan lancar dengan mengedapankan diskusi. Baik alumni maupun perwakilan perusahaan berharap visi yang dilahirkan mampu melahirkan sarjana yang unggul tanpa melupakan soft skill mahasiswa.




Top