Miliki Masalah Non Akademis, Jangan Ragu Manfaatkan Koselor STT Ibnu Sina

Berita 11 April 2018 Taslim 14



STT Ibnu Sina - Salah satu layanan di STT Ibnu Sina adalah adanya Bimbingan Konseling (BK) yang dilakukan oleh konselor Rahmawati Eldaud,S.Psi yang disedikan khusus pihak kampus. Bagi mahasiswa memiliki masalah non akademik bisa memanfaatkan fasilitas ini.  

Layanan konseling ini disediakan cuma-cuma bagi mahasiswa Teknik Informatika dan Teknik Industri guna memecahkan kesulitan yang dihadapi. 

Wakil Ketua II STT Ibnu Sina, Ririt Dwiputri P,M.SI., mengatakan, layanan ini sebagai upaya pihak kampus memberikan yang terbaik kepada mahasiswa. Jangan sampai mereka putus ditengah jalan.

"Jadi mereka bisa melakukan BK. Kita berharap jangan sampai masalah non akademik menghambat mereka dalam perkuliahan,"ujar Ririt. 

Bagi mahasiswa yang ingin memanfaatkan layanan ini, lanjut wanita yang tengah menempuh pendidikan S3 di Univeristas Negeri Padang (UNP) ini, mereka harus mengajukan permohonan kepada Penasehat Akademik (PA) nya masing-masing. Kemudian permohonan tersebut dilanjutkan ke puket II. Pengajuan juga disertakan alasan, agar saat mendatangkan konselor tidak sia-sia.

“Konsultasi yang disediakan mempersilahkan mahasiswa untuk berbagi permasalahan dan hambatan yang dialami. Harapannya dengan menceritakan permasalahannya mahasiswa dibimbing untuk mendapatkan solusi sehingga tidak berlarut- larut” Ujar Ulifa.

Ririt memastikan, persoalan yang dibagikan di ruang BK bersifat personal, penyelesaiannyapun personal. Jadi mahasiswa bebas menyatakan ekspresinya tanpa takut nanti diketahui oleh orang lain atau mempengaruhi kegiatan perkuliahannya. 

Konseling bisa melayani, pemeriksaan psikologi untuk mengetahui  kemampuan studi mahasiswa, konseling masalah pribadi dan vokasional hingga memberikan
rujukan kepada tenaga profesional (dokter, psikolog, psikiater, ulama, dan sebagainya).




Top