Pahami Proyek Migas, Himatri Laksanakan Seminar

Berita 10 November 2018 Taslim 21



STT Ibnu Sina - Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (Himatri) menggelar seminar khusus menggali proyek berkaitan dengan minyak dan gas.

Pembicara yang dihadirkan pun, adalah praktisi yang bergelut dibidang tersebut, yakni Firman Edi,MT.,CIPM. selaku project manager PT. Wasco Engineering Indonesia dan Dudi Hermawan, ST selaku Client Schneider Electric.

Firman mengatakan, banyak latar belakang yang harus dipahami dalam pengerjaan proyek migas.

"Project Background itu ada, New Facility (Plant, Refinery, Building, Platform and FPSO), Development, Repair and Upgrading the Existing Plant, Research, Public Service hingga Capital (Invesment),"ujarnya saat seminar yang digelar di Aula Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam, Sabtu (10/11/2018).

Ia menjelaskan,  DefinitionvvProject adalah urutan (sementara) aktifitas-aktifitas unik,  kompleks, dan terkoneksi yang memiliki satu tujuan atau sasaran dan harus dilengkapi dengan waktu yang spesifik,sesuai dengan anggaran dan sesuai dengan spesifikasi.

Karena itu perlu diketahui, Project Execution Method adalah To consider with Time, Cost, Quality, Location and Resources, meliputi  Pre-fabrication Method, Pre Assembly Unit Method, Pre Assembly Rack Method, Onsite Fabrication and Erection Method.

Seminar ini dihadiri ratusan mahasiswa yang datang dari berbagai perguruan tinggi.




Top