STT Ibnu Sina Teken MoU Tri Dharma Dengan 12 PT 

Berita 09 Mei 2018 Taslim 9


Penandatangan Kerjasama dengan Univ. Universal


STT Ibnu Sina - Guna meningkatkan implementasi pelaksanaan Tri Dharma (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian), STT Ibnu Sina Batam sepakat bekerjasama dengan 12 Perguruan Tinggi (PT). Kesepakatan ini dilakukakan disela-sela kegiatan Rapat Kerja (Raker) Kopertis Wilayah X yang membawahi Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri di Batam, Selasa (7/5/2018).
  
Perguruan tinggi yang bekerjasama adalah, Universitas Internasional Batam, Universitas Universal (Institusi, Prodi TI, Prodi TF), Universitas Karimun, Universitas Islam Riau, Universitas Lancang Kuning, Universitas Batanghari, Universitas Bung Hatta, Universitas Adiwangsa Jambi, Politeknik Caltex Riau, STT Industri Padang dan STT Dumai serta STTI Tanjung Pinang. 

Penandatangan dilakukan langsung oleh Ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir. larisang,MT.,IPM dengan perwakilan masing-masing PT. Larisang berharap, kerjasama ini dapat segera terealisasi guna pengembangan institusi perguruan tinggi masing-masing. 

"Kita berharap saling share dengan tujuan akhir peningkatan kualitas perguruan tinggi. Turunan dari pelaksanaan Tri Dharma ini sangat banyak untuk dikolaborasikan bersama,"ujar Larisang. 

Ruang lingkup kerjasama ini meliputi meningkatkan kualitas penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi yang terdiri terdiri atas:
1.    Bidang Pendidikan dan Pengajaran yang meliputi, tapi tidak terbatas pada:
a.    Penyediaan dan pertukaran serta pengembangan tenaga pendidik (dosen) di bidang akademik, termasuk pertukaran mahasiswa;
b.    Pertukaran serta pengembangan metode, informasi dan bahan akademik di bidang pendidikan dan pengajaran;
c.    Pelaksanaan seminar dan/atau kuliah umum bagi mahasiswa dan dosen.

2.    Bidang Penelitian yang meliputi, tapi tidak terbatas pada:
a.    Pertukaran informasi dan bahan penelitian;
b.    Pelaksanaan penelitian bersama yang melibatkan dosen dan/atau mahasiswa kedua belah pihak;
c.    Penyebaran (diseminasi) dan/atau penerbitan hasil penelitian bersama pada jurnal lokal, nasional dan/atau internasional.
3.    Bidang Pengabdian Masyarakat yang meliputi, tapi tidak terbatas pada:
a.    Penyuluhan dan/atau advokasi kepada masyarakat oleh kedua belah pihak;
b.    Bakti sosial yang melibatkan kedua belah pihak.


Semantara dalam kegiatan Raker Kopertis, Larisang menilai hal ini sangat baik diikuti guna melihat kebijakan strategis yang akan diambil Kopertis kedepan. 
Tema raker sendiri yakni, "Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi dan Daya Saing Bangsa untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0"  membahas sejumlah materi, seperti kebijakan Penyesuaian Kurikulum Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Penataan Sistem dan Kelembagaan Pendidikan Tinggi. 

Selain itu dibahas pula Program Pendidikan Tinggi untuk Pembinaan UMKM Berpendidikan Rendah dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Peningkatan Kualitas Tata Kelola Perguruan Tinggi Menuju Pendidikan Bermutu, serta Rencana Strategis Kopertis Wilayah X Tahun 2018. 




Top