STT Utus Tiga Delegasi Ikuti Exchange Program Mahasiswa

Berita 12 Februari 2018 Taslim 8



STT Ibnu Sina - Program pertukaran mahasiswa (Exchange) kembali dilakukan. Kali ini tiga perwakilan mahasiswa STT Ibnu Sina menimba ilmu di Politeknik Mersing Johor-Malaysia, selama lima hari, 4-9 Februari.

Kegiatan ini merupakan impelementasi kerjasama anatara perguruan tinggi yang bernaung di Ibnu Sina Batam dan perguruan tinggi di Malaysia.

Ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir. Larisang,MT.,IPM mengatakan, persiapan STT Ibnu Sina menjadikan mahasiswa unggul harus terbiasa berbaur dan berkomunikasi dengan warga dari banyak negara. Hal ini penting guna meningkatkan daya saing.

“Exchange program ini sangat diharapkan. Dan memang sudah berjalan beberapa tahun. Kemarin, rombongan mahasiswa Malayasia ke kita,”ujar Larisang.

Selain itu, kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menuntut kesiapan berbagai hal, salah satunya tenaga kerja. Tenaga kerja harus siap bersaing secara global. Ini merupakan kegiatan sangat positif dalam pengemabangan mahasiswa.

Program tidak hanya dari segi pendidikan formal, tetapi juga melalui pengenalan-pengenalan budaya, bahasa, dan sejarah.

“Mahasiswa bisa melihat bagaimana perkembangan zaman. Pertukaran pelajar menjadi hal penting agar mahasiswa dapat belajar lewat pengalaman langsung di berbagai negara,”katanya.

Mereka yang berangkat adalah, Mutiara Ayu Mawaddah, Marda Yunisa dan Nanda Adisusanto serta ditemani Wakil Ketua III, Abdul Rohmad Basar,M.Kom. Disana, mereka juga melakukan pertandingan antar mahasiswa yang pesertanya ada juga dari Politeknik Caltex, Politeknik Kampar, Politeknik Jambi dan empat perguruan tinggi di bawah Yayasan Pendidikan Ibnu Sina serta empat dari perguruan TInggi Malaysia.




Top