Urus Jabfung, Dosen Cukup Kunjungi Aplikasi PAK

Berita 25 April 2018 Taslim 8



STT Ibnu Sina - Dosen dilingkungan Kopertis X saat ini dimudahkan dalam mengurus Jabatan Fungsional (JABfung) dengan kehadiran aplikasi Penilaian Angka Kredit (PAK). Teknologi ini dimanfaatkan lebih efisien dan ekonomis karena pengusul tidak perlu harus ke Kopertis. 

Wakil Ketua I STT Ibnu Sina Batam, M. Ansyar Bora,MT.,IPM menuturkan, bagi dosen cukup mengunjungi aplikasi yang dimaksud. Disana akan dituntun dalam pengisian syarat jabatan fungsional.

"Tidak perlu lagi kita ke Padang (Kopertis X). Cukup seluruh perysaratan diupload disana,"ujar Ansyar, usai mengikuti pelatihan teknik penyusunan jabatan fungsional dan PAK online bagi dosen, Senin (23-24/4/2018).

Ia menjelasakn, Aplikasi ini mulai digunakan pada Mei nanti. Saat ini, Kopertis sedang melakukan sosialisasi. Aplikasi ini hanya bagi dosen yang mengajukan pada jabatan Asisten ahli dan Lektor.

Pelatihan yang digelar di Pekanbaru ini, juga diikuti oleh Ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir. Larisang,MT.,IPM. Setelah mengikuti pelatihan, mereka akan mensosialisasikan kepada para dosen lainya. 

Sebelumnya, Sekretaris Pelaksana Kopertis, Yandri mengatakan,  dosen pengusul jabatan fungisonal tidak perlu lagi membawa bahan usulan ke Kopertis Wilayah X, cukup dengan menggunakan sistem PAK online. 

Ini dilakukan sebagai sebuah terobosan baru dalam layanan bagi publik, khususnya bagi dosen yang mengusulkan jabatan fungsional.

“Sebelumnya, usulan kenaikan jabatan fungsional dosen diproses secara manual. Secara umum sudah berjalan dengan sangat baik. Setiap bulan Kopertis Wilayah X menilai usulan jabatan fungsional dosen,” kata Yandri.

Sebagai gambaran, hingga saat ini tercatat ada sekitar 3 ribu dari sembilan ribu lebih dosen yang belum memiliki jabatan fungsional.

“Kopertis berharap dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan dosen dalam mengusulkan jabatan fungsional,” kata Yandri. 




Top