Bantu Sitasi Dosen dan Mahasiswa, LPPM STT Fasilitasi Pelatihan Mendeley

Berita 12 Januari 2019 Taslim 41



STT Ibnu Sina - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STT Ibnu Sina menggelar pelatihan mendeley dan penulisan jurnal terindeks scopus bagi dosen dan mahasiswa. Peserta yang datang dari berbagai kampus ini berlangsung seharian, dengan pembicara utama, Ismail,P.hD., Sanusi, M.Eng,IPM., dam Albertus L Setyabudhi,M.MT.,IPM.

Mendeley merupakan sebuah perangkat lunak untuk mengelola sumber referensi ilmiah dan sebuah media sosial di bidang akademik, yang memungkinkan mengelola riset, berkolaborasi dengan peneliti lain dan juga mengetahui perkembangan riset terkini.

Ketua LPPM STT Ibnu Sina Batam, Albertus mengatakan, dalam penulisan artikel hingga menjadi jurnal maka tidak bisa dilepas dengan sitasi. Adanya aplikasi mendeley, sangat memudahkan bagi dosen dan mahasiswa untuk menelola dokumen.

"Pelatihan inisalah satu upaya LPPM untuk menaikkan sitasi para peneliti, khususnya di STT Ibnu Sina,"ujar pria yang akrap disapa Abian, saat kegiatan berlangsung, di Aula gedung D STT Ibnu Sina Batam, Sabtu (12/1/2018).

Katanya, kegiatan ini juga untuk memfasilitasi para dosen dan mahasiswa dalam belajar manajemen referensi. Peserta yang berjumlah puluhan ini dibimbing secara intensif mulai dari proses pendaftaran akun, instalasi aplikasi Mendeley, pengelolaan referensi hingga bibliografi menggunkan Mendeley.

 

Ia berharap, pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas dan desiminasi penelitian.




Top