Automation Home dan Ransel Infus, Karya Mahasiswa STT Ibnu Sina Tampil di TTG Kota Batam

07 April 2016

Dua mahasiswa STT Ibnu Sina sedang melihat karya mereka, Aotomation Home dalam pagelaran TTG Tingkat Kota Batam

STT Ibnu Sina Batam – Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Ibnu Sina ikut ambil bagian dalam pagelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kota Batam, 2016. Dua karya mereka disajikan, berupa Aotomation Home dan Ransel Infus.

Aotomation home berupa teknologi  pengaturan waktu lampu menggunakan jam. Pengguna nantinya dipastikan mendapat manfaat kehematan daya, karena lampu baru bisa hidup sesuai dengan keinginan.

Sementara Ransel Infus dimanfaatkan bagi korban bencana. Alat itu bisa digunakan dalam keadaan darurat dimana lokasi kejadian jauh dari rumah sakit.  Ransel itu dimanfaatkan oleh pasien.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (PMPKUM) Kota Batam, Pebrialin mengatakan lomba tahun ini diikuti 40 peserta.

"Sebanyak 15 peserta di kategori pelajar, dan 22 peserta umum, serta tiga peserta untuk kategori TTG unggulan," kata Pebrialin.

Pada lomba ini peserta dinilai oleh tiga orang juri. Mereka berasal dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), serta dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Saat lomba, tiap peserta diberi waktu 20 menit. Lima menit pertama untuk presentasi, lima menit kedua untuk demonstrasi alat, dan 10 menit terakhir untuk tanya jawab dengan dewan juri.

"Kalau masih ada waktu, masyarakat yang hadir juga boleh bertanya kepada peserta," kata Pebrialin.

 

Diposkan Oleh : Taslimahudin

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya