Mengenal e-Library STT Ibnu Sina

26 Mei 2016

Perpustkaan STT Ibnu Sina Batam

STT Ibnu Sina - Keberadaan perpustakaan dalam institusi pendidikan menjadi hal mutlak dalam menunjang segala bentuk proses belajar mengajar. Sebagai tempat ‘gudangnya ilmu’ maka itu diperlukan dalam menghasilkan output berkualitas.

Hal demikian juga menjadi perhatian perguruan tinggi Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam. Sejak lahirnya lembaga ini, maka perkembangannya juga dikuti segala bentuk keperluan perpustakaan, baik ketersediaan buku, layanan hingga akses kemudahaan yang dapat dijangkau seluruh lapisan masyarakat.  

Begitu juga dalam perkemebangan teknologi informasi yang pesat. Penerapan teknologi informasi bisa dilihat dari jenis perpustakaan yang selalu berkaitan hingga pada digital library.

Staf Perpustkaan STT Ibnu Sina Batam Yusuf Wijaya mengatakan, saat ini telah tersedia 450 buku, terdiri dari 231 buku diperuntukkan Program Teknik Industri dan sisanya Teknik Informatika.

Selain itu, juga terdapat beragam laporan praktikum, skripsi, kerja praktek yang mencapai 1670 judul hingga adanya buku-buku umum.

“Perpustakaan ini dimanfaatkan mahasiswa untuk menambah ilmu. Keberadaannya tentu untuk menambah minat baca mahasiswa,”ujar Yususf.

Perpustakaan STT Ibnu Sina sendiri berada di lantai tiga gedung C. Didalam ruangan terdapat rak yang diperuntukkan untuk buku dan laporan tersusun rapi. Bagi yang ingin membaca, disana juga disediakan tempat khusus. Penunjang perpustakaan terdapat dua unit komputer serta ruangan full ac.

Kemudahan yang dapat dirasakan disana, pengunjung ydapat mencari buku cukup melalui web http://stt-ibnusina.net/elibrary. Disana diberikan petunjuk, di rak mana buku yang diinginkan berada, ketersediaan buku dan lain sebagainya.

“Ini sudah online. Jadi bagi yang mau mencari bisa dicek dimanapun berada. Nanti datang ke kita tinggal diambil,”katanya.

E-Library STT Ibnu Sina Batam sebagai upaya untuk mempermudah dan cepat dalam mencari informasi yang dibutuhkan dan diinginkan, sehingga lebih menghemat waktu dan lebih efektif dalam memperoleh pengetahuan.

E-library merupakan layanan yang dapat membantu pada inisiatif pembelajaran yang terintgrasi, mencari referensi dan lain sebagainya. Bagi pengunjung yang akan meminjam buku diberi waktu selama tujuh hari dengan maksimal tiga buah buku.

Mari mendaftarkan diri menjadi anggota perpustakaan STT Ibnu Sina Batam.  Banyak membaca tentu banyak tau. Semoga.

Diposkan Oleh : Taslimahudin

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya