Ospek STT Ibnu Sina, Membangun Budaya Terdidik

30 Agustus 2016

Sekretaris Yayasan Ibnu Sina Batam membuka Ospek STT Ibnu Sina

STT Ibnu Sina - Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) mahasiswa baru Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam, resmi dibuka, dilapangan utama Yayasan Ibnu Sina. Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang pembekalan diri memasuki lingkungan dunia pendidikan yang bermoral sehingga menjadi intelektual muda unggul dalam segala bidang.

Ospek kali ini juga berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya. Ketua STT Ibnu Sina Batam Larisang,MT menuturkan, pengenalan kampus bagi mahasiswa baru harus mencerminkan dunia pendidikan dengan menjungjung tinggi nilai dan budaya Indonesia.

“Kita tidak menegnal sistem perploncoan. Perguruan tinggi harus menanamkan nilai kepada mahasiswa baru sedari awal ia memasuki kampus. Karena itu, tidak ada seragam maupun atribut yang aneh-aneh selama kegiatan. Budaya seperti itu harus ditinggalkan menujua arah yang lebih baik,”ujar Larisang, usai pembukaan Ospek, Sabtu (27/8/2016).

Materi yang disampaikan juga berpedoman pada peraturan pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Dirjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, nomor 25/DIKTI/Kep/2014 tentang panduan umum pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru dan edaran Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek dan Dikti nomor 01/DJ-Belmawa/SE/VII/2015.

Didalamnya, pokok pembahasan panitia mutlak memasukkan unsur nasionalis, sosial, keagamaan, pemahaman umum lainya. Tujuannya, lanjut alumnus S2 Institut Teknologi Surabaya (ITS) ini, Ospek lebih dirasa tepat sasaran dan manfaatnya dapat dirasakan baik mahasiswa itu sendiri maupun manajemen STT Ibnu Sina Batam.

Beberapa materi pokok, akan disampaikan seperti pentingnya kesadaran berbangsa, bernegara, cinta tanah air, lingkungan dan bermasyarakat, mengenalkan tata kelola perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan, gambaran pentingnya pendidikan karakter khususnya nilai integritas, moral, etika, kejujuran, kepedulian, tanggung jawab dan kedisiplinan.

“Akhirnya, ketika mereka (mahasiswa baru) menjadi keluarga besar STT Ibnu Sina Batam, cerminan sebagai orang terdidik yang islami dapat dirasakan, baik dalam lingkungan keluarga maupun ditengah masyarakat,”katanya.

Harapan yang sama juga disampaikan Sekretaris Yayasan Ibnu Sina Batam Kaharuddin. Saat membuka acara Ospek, ia berpesan kepada setiap mahasiswa untuk mengikuti segala aturan main yang ditetapkan oleh manajemen STT.

“Selamat datang dan bergabung dalam keluarga besar Yayasan Ibnu Sina Batam. Ospek ini menjadi tahapan ketika memasuki STT Ibnu Sina. Ikuti dengan baik sehingga materi-materi yang disampaikan dapat diimpelemntasikan,”katanya. 

Ospek sendiri mulai digelar 27 Agustus. Momen ini penting bagi mahasiswa untuk mengenal dan beradaptasi dalam lingkungan perguruan tinggi. Ospek tahun akademik 2016/2017 di STT Ibnu Sina diikuti lebih dari 350 mahasiswa baik dari Program Studi Teknik Informatika dan Teknik Industri yang dipusatkan didalam kawasan kampus.

Kegiatan ini merupakan pintu ilmu bagi mahasiswa, karena beragam pokok materi akan disampaikan. Dengan kata lain, watak mahasiswa juga akan terbentuk mengenai pandanganya terhadap dunia pendidikan.

Kegiatan ini merupakan agenda institusional yang menjadi tanggung jawab perguruan tinggi dan pelaksanaannya melibatkan unsur pimpinan, mahasiswa dan lainya yang terkait.

Mahasiswa baru tersebut juga dituntut agar mampu belajar di perguruan tinggi serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di kampus, khususnya yang terkait dengan kode etik dan tata tertib, menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika.

Adapun jadwalnya, Sabtu 27 Agustus 2016 tepat pukul 07.00 Wib acara pembukaan dilanjutkan pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru tahap 1. Kemudian, Senin 29 Agustus 2016, materi pengenaln kampus tahap 2.

Pekan depannya, jumat hingga minggu 2-4 September 2016 juga ada materi lainya, seperti wawasan kebangsaan, bahaya narkoba dan terakhir malam keakraban.  Setiap peserta diwajibkan menggunakan pakaian atasan putih dan celana atau rok berwarna putih.

Diposkan Oleh : Taslimahudin

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya