Prodi Informatika STT Ibnu Sina Batam Raih Akreditasi B

31 Desember 2016

Foto bersama usai visitasi Prodi T Informatika beberapa waktu lalu

STT Ibnu Sina - Penghujung tahun 2016 tercatat dalam sejarah tersendiri bagi Program Studi Teknik Informatika (Prodi TF) Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam. 30 Desember 2016 hasil visitasai yang dilakukan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menetapkan jurusan ini mendapat predikat Akreditasi B.

Ketua STT Ibnu Sina Batam, Larisang MT., sangat bersyukur dengan hasil yang telah diraih. Hasil ini memang sesuai apa yang diharapkan setelah dilakukan visitasi pada awal Agustus 2016.

“Alhamdulillah dengan berhasilnya Prodi Teknik Informatika meraih akreditasi B hal ini menunjukkan bahwa hasil audit  dan evaluasi pelaksanaan pendidikan tinggi di STT Ibnu Sina melalui Tim Assesor BAN-PT telah terlaksana dengan baik dan proses manajemen Prodi Teknik Informatika khususnya telah berjalan sangat baik sesuai standar mutu pendidikan nasional,”terang Larisang.

Meski demikian, alumnus ITS ini pun tidak hanya puas dalam tataran itu. Target selanjutnya adalah akreditasi A pada 2019 sekaligus pencapaian visi STT Ibnu Sina Batam sebagai kampus unggulan.

“Dengan demikian, mahasiswa, masyarakat, pemerintah maupun stakeholder lainya tentu semakin yakin dan percaya bahwa STT Ibnu Sina Batam adalah kampus terbaik,”terangnya.

Manajemen STT terus melakukan peningkatan kinerja berbasis mutu yang tinggi melalui Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) STT Ibnu Sina Batam sebagai bentuk jaminan dan tanggungjawab manajemen dalam menghasilkan dan menghantarkan para lulusan STT menjadi alumni yang bermutu tinggi dan sukses dalam dunia kerja dan sebagai pengusaha sukses dan kompetitif dalam persaingan global.

Untuk diketahui, awal Agustus lalu, dua visitor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan tinggi (BAN PT)  melakukan pemeriksaan terhadap Program Studi (Prodi) Teknik Informatika STT Ibnu Sina Batam. Dr. Sri Nurdiati bersama Purwanto, Phd melakukan kroscek lapangan secara marathon dari pagi hingga malam.

Semua berkas, baik dari sisi infrastruktur gedung perkuliahan, laboratorium, perpustakaan, ruang dosen hingga toilet tidak luput dari penilaianya. Selain itu,juga dilihat mata kuliah, rasio dosen, keuangan kampus, inventaris dan lain sebagainya.

Visi dan misi juga disoroti, apakah sesuai dengan capaian target yang diinginkan termasuk usaha manajemen untuk penunjang serta menambah kas kampus.

Disisi lain, semua layanan juga dikroscek terhadap pengguna, seperti wawancara dengan perwakilan mahasiswa, perwakilan alumni dan para dosen tetap. Ini dimaksudkan agar semua data yang diperoleh benar-benar valid.

Kesemua itu dilakukan oleh dua visitor tersebut. Mereka mulai melakukan pemeriksaan sekitra pukul 10.30 wib setelah dilakukan seremonial pembukaan re akrediatasi Prodi Informatika. Keduanya memulai dengan pemeriksanaan infrastruktur kampus.

Dalam tinjauan langsung tersebut, tentu sangat banyak informasi yang diberikan dalam rangka peningkatan kualitas kampus. Termasuk didalamnya kondisi perkuliahan yang berlangsung pada malam hari.

Diposkan Oleh : Taslimahudin

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya