148 Mahasiswa Gelar KKL di 10 Kecamatan

23 Maret 2017

Foto Bersama usai pelepasan KKL

STT Ibnu SIna – Sebanyak 148 mahasiswa yang tergabung dalam kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) angkatan XVII dari dua Program Studi (Prodi), Teknik Informatika dan Teknik Industri telah dilepas. Mereka dibagi dalam 10 kelompok yang ditempatkan di 10 kecamatan di Kota Batam.

Pelepasan sendiri dilakukan Sekretaris Yayasan Ibnu Sina Batam, Mustamiruddin Hamzah di halaman utama yayasan. Dalam amanatnya, ia berpesan agar mahasiswa yang turun langsung kelapangan dapat memberi kontribusi lebih bagi masyarakat.

“Kegiatan yang adek-adek lakukan nanti diharapkan dapat menyentuh langsung masyarakat. Manfaatnya benar-benar dirasakan,”terang Mustamiruddin Hamzah, dalam upacara pelepasan, Kamis (23/3/2017).

Namun demikian, ia juga meminta seluruh mahasiswa tetap menjaga nama baik institusi. Karena ini akan berpengaruh pada citra yayasan, khsususnya kampus STT.

KKL kali ini digelar di sepuluh kecamatan. Setiap kelompok, diwajibkan memberi pelatihan kepada masyarakat yang tergabung di PKK, Karang Taruna dan pelajar di kecmatan yang ia tempati.

Pelatihan diberikan bermacam bentuk, tergantung kebutuhan masyarakat dan diseleraskan dengan keterampilan mahasiswa. Seperti, pelatihan Hydroponik, pelatihan ujian pemahamam aplikasi sisitem ujian online bagi guru, kerajinan tangan dan lain sebagainya.

Selain kegiatan non fisik, KKL ini juga melakukan pengerjaan fisik, seperti memperbaiki sarana rumaha ibadah, sarana olahraga, MCK dan lain sebagainya. Untuk kegiatan ini, difokuskan di daerah Kampung Baru, Kecamatan Galang.

 Ketua STT Ibnu Sina Batma, Larisang, MT. menuturkan,  menempatkan peserta KKL ditengah masyarakat 10 kecamatan, juga diharapkan menjadi ajang promosi kampus. Karena seluruhnya berinteraksi langsung dengan masyarakat.

“Harapanya, citra kampus kita tetap terbaik. Dengan melihat karya mahasiswa tentu ini akan menjadi promosi tersendiri,”terangnya.

Apalagi, lanjut Larisang, STT saat ini sedang menuju kampus yang memiliki daya saing bukan hanya tataran nasional tapi internasional yang sejalan dengan visi misi.

“Karena itu kegiatan kita bukan hanya tataran nasional tapi juga internasional,”katanya. 

Diposkan Oleh : Taslimahudin

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya