Akreditasi AIPT STT Ibnu Sina, Gunakan Sapto Kemenristek Dikti

25 April 2017

sosialisasi dan pelatihan Sapto

STT Ibnu Sina - Perguruan tinggi (PT) yang bernaung dibawah Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X dalam waktu dekat sudah dapat melakukan akreditasi melalui sistem dalam jaringan (Daring) atau Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (Sapto).

Aplikasi pertama kali diterapkan di Indonesia per 1 Juni 2017 ini memberikan efisiensi setiap perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Menurut Ketua STT Ibnu Sina Batam, Larisang, MT, sistem Sapto yang akan diterapkan pemerintah sangat membantu institusi perguruan tinggi.

Apalagi, lanjut alumnus ITS Surabaya ini, STT Ibnu Sina dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT).

“Nanti akan kita manfaatkan sistem Sapto ini. Karena ini sangat efisien,”ujar Larisang, usai mengikuti sosialisai Kebijakan Akreditasi dan Pelatihan Sapto oleh Kementerian Ristek Dikti dan Kopertis X di kampus UPB. Senin (24/4/2017).

Acara ini langsung dibuka sekretaris pelaksana Kopertis X Dr. Hanafi, Ms. Dimana kegiatan ini memberikan informasi mengenai sistem akreditasi online yang akan diterapkan Ban-PT mulai 1 juni 2017.

“Sehingga diharapkan melalui pelatihan ini perguruan tinggi khususnya di wilayah kopertis X dapat menyiapkan diri dengan baik. Kegiatan pelatihan Sapto ini bukan hanya pertama di kopertis X tetapi pertama di Indonesia,”terangnya.

Kegiatan yang berlangsung di UPB ini dihadiri oleh pimpinan PTS seluruh kopertis X. STT Ibnu Sina sendiri dihadiri Larisang, MT dan M. Ansyar Bora, MT selaku wakil ketua I Bidang Akademik.

SAPTO merupakan sistem akreditasi yang memanfaatkan teknologi online. Sistem ini memudahkan PT untuk mengirim borang tanpa harus ke Jakarta atau mengirim melalui POS, mengurangi penumpukan hardcopy borang di BAN-PT dan mempermudah assessor dalam memeriksa borang akreditasi karena sebagian nilai akan dihitung otomatis sistem.

“Sapto merupakan pelayanan akreditasi yang efisien, akurat, cepat dan status usulan terpantau. Setiap tahap pelaksanaan yang dilakukan BAN-PT akan dapat dilihat melalui Sapto sehingga informasinya real time,”ujar Dr. Ir. Fauzi, selaku pemateri.

Diposkan Oleh : Taslimahudin

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya