Dosen Sepakati Soft Skill Mahasiswa Masuk Penilaian

30 Januari 2017

suasana rapat

STT Ibnu Sina – Dosen dan manajemen Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina sepakat memberikan penilaian akhir kepada mahasiswa tidak hanya tergantung pada nilai akademik semata. Namun, prilaku, komunikasi dan moral wajib menjadi pertimbangan.

Dalam rapat dosen persiapan Proses Belajar Mengajar (PBM) tahun ajaran 2016/2017 genap yang akan dimulai pekan depan ini, soft skill juga menjadi pertimbangan dalam memberikan penilaian. Hanya betuh persamaan standart sehingga benar-benar objektif.

“Soft skill harus diperhatikan. Untuk mengatur soft skill sebagai penilaian akhir dibutuhkan standar,”ujar salah seorang dosen, Yusi Kusmayadi,MM.,pada rapat yang diselenggarakan di lantai 4 STT Ibnu Sina Batam,  (30/1/2017).


soft skill merupakan keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skills) dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri (intrapersonal skills) yang mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal

Seperti interpersonal skills adalah kemampuan berinteraksi dengan orang lain, kemampuan bekerja sama dalam tim, dan lain sebagainya. Jadi tidak hanya tertumpu pada Hard skill atau penguasaan keterampilan teknis dari hasil pembelajaran. 


Menanggapi itu, Ketua STT Ibnu Sina Batam, Larisang MT, menuturkan, beberapa acuan penilaian soft skill sebanarnya sudah ada. Hanya memang perlu ada standar yang sama untuk mmeberikan penilaian kepada mahasiswa. 

“Memang harus dilihat bagaimana cara (mahasiswa) berkomunikasi, dilihat dari kesopanan, etika. Memang harus ada standar,”ujar dia.

Hal ini jug termasuk mengatur busana mahasiswa asal tidak sembarangan masuk dalam ruang perkuliahan.
Namun demikian, alumnus ITS ini juga berharap kepada seluruh dosen berperan aktif. Dapat menjadi contoh serta mampu memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa. 

Rapat ini juga membahas mengenai SIAKAD kampus yang akan digunakan tahun ini serta beberapa program, sosialiasi penggunaan classroom dan lain sebagainya.
 

Diposkan Oleh : Taslimahudin

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya