Kemenristek Dikti Lirik Aplikasi Mobile-Hankam Karya Dosen STT Indra Gunamawan M.Kom

18 Januari 2017

Foto Bersama Usai peninjauan sarana STT Ibnu Sina perwakilan Kemenristek Dikti guna mendukung riset Indra Gunawan,M.Kom dalam program pengembangan teknologi industri

STT Ibnu Sina - Dosen Tetap STT Ibnu Sina Batam, Indra Gunawan,M.Kom tinggal selangkah lagi mendapat dana riset dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) setelah proposal penelitiannya dipresentasikan pada pekan ketiga desember lalu. 

Judul riset dan pengembangannya mengangkat 'Mobile Hankam - Aplikasi Mobile Portal Ketahanan Keamanan Swadaya Masyarakat' berhasil memikat pihak kementerian. Bahkan, pihak kementerian pun telah mengutus jajarannya, Riki Kurniawan dan Aris untuk melihat langsung tempat Indra Gunawan mengajar (Fackfinding), di STT Ibnu Sina Batam, Rabu (18/1/2017).

Mereka melihat fasilitas, seperti laboratorium, perlengkapan perkuliahan dan lain sebagainya.

Indra Gunawan beranggapan, Hankam merupakan aspek penting dalam sebuah negara. Tanpanya suatu negara akan mengalami gangguan, disintegrasi dan ketidakstabilan. 

"Mobile-Hankam sebagai satu solusi yang mudah serta relatif lebih murah serta efektif untuk meningkatkan Hankam di Indonesia,"tulis Indra dalam abstrak proposal penelitiannya. 

Aplikasi yang akan dibangun bertujuan mendorong gerakan swadaya masyarakat indonesia, meningkatkan pertahanan, menciptakan sinergi positif masyarakat dan aparat dan lain sebagainya. 

Kini, proposal tersebut masih dalam pembahasan dalam tataran Kemenristek Dikti. Bila terkabulkan, maka dana yang dikucurkan bisa mencapai Rp209 juta sesuai estimasi biaya yang diajukan. 

Selain Indra Gunawan, Dosen STT lainya, Albertus L Setiabudhi,M.MT juga berkesempatan mempresentasikan proposal riset program pengembangan teknologi industri dengan judul, 'Perencanaan Sumber Energi Listrik Tanpa Bahan Bakar'.

Semoga Berhasil..... 
 

Diposkan Oleh : Taslimahudin

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya