Kuliah Umum : 10 Teknologi Kunci Masa Depan

08 September 2017

Ir. Larisang, (kiri) memberikan penghargaan kepada Insannul Kamil Ph.D selaku pembicara dalam kegiatan kuliah umum STT Ibnu Sina Batam 2017

STT Ibnu Sina - Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D memompa semangat seluruh mahasiswa saat memberikan materi dalam kuliah umum yang diadakan STT Ibnu Sina Batam, tahun akademik 2017/2018. Katanya, untuk menjadi handal, maka perlu penguasaan 10 kunci teknologi masa depan.

Menurut Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas ini, 10 trend teknlogi itu harus dipahami dan dikuasai setidaknya satu diantaranya. Karena ini akan mengantarkan diri lebih baik dan bangsa menjadi tangguh.

“Jadi jangan lagi berpikir mau yang ikut-ikut yang lain, pemilihan-pemilihan. Tekuni, jadilah diri kita sendiri sesuai bidang kita. Bangun industri. Apalagi, saat ini bangsa kita sangat kekurangan insinyur,”terang Insannul, Jumat (8/9/2017) malam di Aula Utama Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam.

Ke 10 trend kunci teknologi masa depan adalah, additive manufacturing, advance energy storage technologies, artificial intelligence, big data analytics, blockhain, internet of things, micro and nano satellites, nanomaterials, neurotechnologies serta syinthetic biology.

“Gak perlu semua dikuasai, cukup satu saja. Sisanya, cukup hanya sekedar tau,”terangnya.

Tantangan yang dihadapi insinyur (lulusan teknik) kedepannya sangat besar. Hal tersebut berarti seorang insinyur harus mampu bersaing secara global dalam konteks revolusi industri ke 4.

Katanya, kunci sukses untuk dapat bersaing menghadapi revolusi industri ke 4 adalah menguasai 10 tren teknologi kunci yang kedepannyan akan mengubah tatanan dunia.

Kuliah umum sendiri diikuti 500 lebih mahasiswa baru. Kegiatan yang berlangsung sekitar dua jam ini, juga disertai tanya jawab.

Ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir. Larisang, MT berharap, seluruh lulusan STT dapat siap bersaing dalam negeri maupun luar negeri. Saat ini Indonesia berada dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan sudah mulai terasa bersaing.

“Kalau kita tidak kompetitif, kita akan menjadi penonton, kalau kita tidak siap. Untuk itu, kita berharap benar-benar mempesiapkan diri, mulai saat ini dan masa depan menjadi pemain yang unggul,”terangnya.

 

Diposkan Oleh : Taslimahudin

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya