Lagi, Tujuh Perguruan Tinggi Jalin Kerjasama Dengan STT Ibnu Sina Batam

12 Januari 2017

Foto bersama usai penandatanganan kerjasama

STT Ibnu Sina - Tujuh perguruan tinggi dalam negeri kembali menjalin kerjasama dengan Sekolah Tinggi Teknik Ibnu Sina setelah sebelumnya juga dilakukan bersama sembilan Perguruan tinggi yang tergabung dalam CORIS ( Cooperation Computer Research Inter University ) di Makassar.

Kali ini, nota kesepahaman ini dilakukan di Grand i Hotel Batam, Kamis (12/1/2017) antara Ketua STT Ibnu Sina Batam, Larisang,MT., dengan para pimpinan perguruan tinggi tersebut. Ragam bidang kerjasama ini diharapkan dapat terimplementasi dan umumunya terkait Tri Dharma perguruan tinggi. 

Tujuh perguruan tinggi tersebut, yakni Universitas Pembangunan Panca Budi, Medan yang ditandatangani Rektornya, Dr. H Muhammad Isa Indrawan, Universitas Dharmawangsa, Medan yang ditandatangni Dr. Kusbianto selaku rektor dan Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang yang tandatangani Dr.Po Abas Sunarya selaku direktur.   

Kemudian, ada Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar) Poso yang ditandatangani, Kisman Lantang, M.Si selaku rektor. Universitas Islam Jakarta (UIJ) yang ditandatangani Prof. Dr. Raihan selaku rektor. UIJ setidaknya bekerjasama dalam program pertukaran dosen, seminar internasional, penelitian bersama dan publikasi jurnal serta pengembangan organiasai perguruan tinggi. 

Selain itu, kerjasma juga dilakukan dengan Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, lampung. Ini terkait dengan akademik dan penelitian. Panandatangan sendiri dilakukan Dr Marsanuddin selaku rektor. Terakhir ada Universitas Syekh Yusuf (UNIS), Tangerang yang dilakukan oleh Prof. Dr. H. Mustofa Kamil selaku rektor.

Dalam kesempatan itu, Larisang sangat berharap apa yang sudah ditantangani ini dapat terwujud dan tidak hanya sebatas seremonial. Maka dari itu, akan ada tindak lanjut sehingga dunia pendidikan semakin baik. 

"Ragam perjanjian seperti melaksanakan pengembangan kelembagaan, SDM, pembelajaran, penguatan kemahasiswaan dan penguatan luaran dalam rangka melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Kemudian, pengembangan institusi dan peningkatan program para pihak,"katanya.

Perjanjian ini difasilitasi Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) pusat yang disaat bersamaan melakanakan workshop AKreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) di Batam yang dihadiri lebih dari 150 perguruan tinggi di Indonesia.

Para perguruan tinggi ini juga melakukan kerjasama dengan 10 perguruan tinggi yang ada di Malaysia. Peserta workshop juga mengikuti seminar internasional yang dilakukan di negeri jiran ini. 

Sebelumnya, STT menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi dengan anggota Coris. Dalam nota kesepahaman ini, Ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir. Larisang,MT dan Wakil Ketua I STT Ibnu Sina, M Ansyar Bora,MT. juga turut membubuhkan tandatangannya bersama sembilan perguruan tinggi lainya yang hadir, yakni STIKOM Bali, Universitas Potensi Utama Medan, STIMIK Pontianak, Universitas Klabat Manado, STIMIK Dipanegara Makassar, STIMIK Amikom Yogyakarta, Universitas Dian Nusantara dan STIMIK Raharja Tangerang serta STIMIK Tasikmalaya.
 

Diposkan Oleh : Taslimahudin

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya