Manfaatkan Teknologi, Dosen Optimalkan Penggunaan Classroom di PBM

06 Maret 2017

Pelatihan Google Classroom Bagi dosen STT Ibnu Sina

STT Ibnu Sina - Seluruh dosen STT Ibnu Sina akan memanfaatkan teknologi digital berupa penggunaan classroom dengan maksimal guna mendorong efisiensi dan kemudahan dalam proses belajar mengajar (PBM). Setiap mata kuliah dan kelas akan memiliki ruangan di classrrom tersendiri, sehingga lebih mudah dalam berinteraksi.

Pemanfaatan classroom milik raksasa internet Google ini sebenarnya sudah dilakukan beberapa semester lalu. Namun dirasa belum optimal. Mengingat banyak sekali manfaatnya, maka perlu peningkatan pemahaman secara bersama bagi seluruh dosen.

Ketua Prodi Teknik Industri, Nanang Alamsyah,MT., menuturkan, dalam classroom itu segala aktifitas juga bisa diarsipkan. Sehingga memudahkan, baik itu dosen, mahasiswa hingga manajemen dalam mengolah data yang ada.

“Nilai dan lainya dapat diarsipkan disini. Sehingga, saat assessor nanya, kita gampang. Tinggal klik,”terang Nanang, kepada para dosen saat bertindak sebagai instruktur pelatihan google classroom kepada para dosen STT, Sabtu, (4/3/2017).

Katanya, optimalisasi pemanfaatan google classroom juga sangat mendorong peningkatan kualitas pendidikan di kampus hijau ini dalam penggunaan e-learning. Karena  menjadi penilaian dari Dikti.

Dalam pelatihan itu, dipandu oleh tiga orang. Selain Nanang, juga ada M Ropianto,M.Kom., selaku ketua Prodi Teknik Informatika dan Puket I STT Ibnu Sina, M Ansya Bora, MT. Beberapa pemahaman yang harus diseragamkan, termasuk soal penulisan judul kelas yang nantinya dapat membedakan program studi.

Hal senada disampaikan Ketua STT Ibnu Sina Batam, Larisang,MT,. Katanya, salah satu langkah menuju pencapaian visi STT, menjadi kampus unggulan harus dilakukan banyak inovasi termasuk pemanfaatan teknologi.

“Classroom sangat membantu dalam proses mengajar. Dan cara kita ini mendapat apresisasi dari dosen lain, karena belum banyak yang menggunakannya. Bahkan dikampus ternamapun,”katanya.

Diposkan Oleh : Taslimahudin

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya