Seminar Ekonomi : Stop Pungli

31 Maret 2017

Suasana seminar ekonomi

STT Ibnu Sina - FGD Nusantara dibawah komando Adri Wislawawan, ST kembali menjalin kerjasama dengan BEM STT Ibnu Sina untuk mengadakan Seminar.

Kali ini seminar bertemakan ‘Pungli dan Pengaruhnya Terhadap Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam; Tantangan Pertumbuhan Ekonomi Batam’.

Narasumber kali ini datang dari berbagai pakar, yakni Ahars Sulaiman, SH., MH Selaku Staf Khusus Gubernur Kepri, Yusron Roni selaku Kepala Ombudsman RI Prov Kepri, Raymond, SE., M.Sc. Selaku Akademisi, serta Khoirul Rosyadi, SH,. MH mewakili BP Batam.

Seminar ekonomi ini di moderatori Wakil BEM STT, Lastri Yanti dan dibuka Ketua STT Ibnu Sina Ir Larisang, MT serta dihadiri perwkailan mahasiswa sekota Batam, siswa SMA/SMK, dan para aktivis.

Tema ini diangkat mengingat isu pungli akhir-akhir ini menjadi perhatian pemerintah untuk diberantas. Apalagi, pungutan liar (pungli) diakui masuk dalam berbagai lini, khususnya pada pelayanan yang menyangkut masyarakat.

Pungli sendiri diibaratkan korupsi oleh Ahars Sulaiman. Salah satu menangkal hal tersebut harus dimulai sejak dini. Jika saat ini sebagai mahasiswa, maka hilangkan sifat meniru teman.

“Menyontek itu sama dengan korupsi. Titip absen sama dengan dengan korupsi. Kalau berani jujur itu baru hebat, apapun hasilnya,”ujar Ahars.

Hal demikian juga terjadi dijajaran pemerintah. Karena itu, sangat penting pemberantasannya dengan orang yang bersih pula.

“Bermimpi kita kalau pemberantasan pungli ini kalau aparatur penegak hukumnya tidak bersih. Karena mustahil membersihkan kotoran dengan sapu yang kotor pula,”ujar.

Selain itu, dalam menangkal pungli ini sistem harus dibangun. Kata Ahars, salah satu pendukung utamanya adalah teknologi. Sebab, teknologi bukan hanya memudahkan tapi juga meningkatkan.

Hal senada disampaikan Ketua STT Ibnu Sina Batam, Larisang,MT. Menurutnya, teknologi dalam penerapan dipemerintahan tidak boleh dilepas. Selain sebagai tuntutan pelayanan, teknologi juga mempersempit peluang terjadinya pungli.  

 

Diposkan Oleh : Taslimahudin

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya