Seminar Nasional Himatri, ‘Jadilah Pelaku di Era Globalisasi Saat Ini’

04 Mei 2017

Foto : Seminar nasional yang digelar Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (Himatri) STT Ibnu Sina

STT Ibnu Sina - Seminar nasional yang digelar Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (Himatri) STT Ibnu Sina, mengangkat tema ‘Competition In The Era Global Industry’ memberikan pemahaman baru bagi peserta yang hadir, khsuusnya para mahasiswa.

Dr. Eng. Desto Jumeno dari Universitas Andalas Padang (Unand) sebagai narasumber dalam materinya menuturkan, di era globalisasi industri seperti saat ini, mutlak diperlukan inovasi dan kreatif.

“Kenapa bersaing, karena nomor satu tidak bisa banyak. Kalau banyak maka tidak ada persaingan. Dan sekarang ini yang diperlukan inovasi,”ujar Ketua Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik Unand ini, didepan ratusan peserta, di Aula Ibnu Sina Batam, Rabu (3/4/2017).

Ia menjelaskan, inovasi ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Apalagi kekuasaan saat ini sudah beralih ke konsumen karena banyak pilihan yang ditawakan.

“Sekarang konsumen sudah banyak pilihan. Dia pasti melihat dari segi harga, kualitas, after sell kah,”tambahnya.

Hal ini bisa disaksikan, berapa banyak perusahaan raksasa akhirnya tumbang karena tidak berinovasi. Tidak melihat kebutuhan pasar. Selain itu, produsen besar banyak yang dibuat kalang kabut oleh industry skala rumahan.

Diera globalisasi seperti ini, beberapa keuntungan yang dapat dilihat seperti, penyebaran pendidikan, terbukanya lapangan kerja, meningkatnya kualitas produk, harga produk murah,  masuknya modal asing, komunikasi lebih cepat, perdagangan internasional lebih terbuka dan lainya.

Namun dibalik itu semua, lanjut alumnus S3 dari Jepang ini, globalisasi juga terdapat kerugian. Ini dapat dilihat pada kesehatan. Penyakit menular penyebarannya lebih cepat, terjadinya konflik kebudayaan, kesenjangan serta kerusakan lingkungan tidak terhindarkan.

Acara seminar ini juga menghadirkan narasumber lainya, yakni Benedikta Anna H Siboro, M.Sc dari Unrika. Dimana pelaksanaanya disejalankan dengan rapat kerja IMTI (Ikatan Mahasiswa Teknik Industri) wilayah Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng) yang tuan rumahnya STT Ibnu Sina.

Maka tidak heran, ratusan peserta seminar juga dihadiri 16 perwakilan perguruan tinggi yang tergabung dalam IMTI wilayah Sumbagteng, baik dari Sumatera Barat, Jambi, Riau dan Kepri.

Dalam sambutanya, Ketua STT Ibnu Sina Batam, Larisang, MT, berharap kepada seluruh mahasiswa untuk memanfaatkan seluruh potensi diri diera globalisasi ini. Mampu berkompetisi secara global, apalagi Kepri langsung berhadapan dengan Singapura, Malaysia dan Thailand.

“Jangan sampai menjadi penonton tapi bagaimana menjadi pelaku baik dalam negeri maupun luar negeri,”harapnya.

 

Diposkan Oleh : Taslimahudin

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya