Sosialisasi PPTI dan Insinas, Kemenristek Dikti Gandeng STT Ibnu Sina

09 April 2017

foto bersama usai acara sosialisasi

STT Ibnu Sina Batam - Sosialisasi Program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI) dan Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (Insinas) Gelombang II yang dilakukan Kementerian Riset dan Teknologi Dikti di Kepri menggandeng STT Ibnu Sina.

Sosialisasi yang digelar, Jumat (7/4/2017) lalu dilaksanakan di Aula utama Yayasan Ibnu Sina dengan dihadiri dari barrbagai utusan perguruan tinggi. Ketua STT Ibnu Sina Batam, Larisang,MT berterima kasih atas kepercayaan Kemenristek Dikti telah menujuk Ibnu Sina sebagai tuan rumah.

“Terima kasih telah menunjuk kami sebagai tuan rumah acara sosialisasi ini,”ujar Larisang, dalam sambutanya.

Ia berharap, acara sosialasi ini dapat dipahami secara menyeluruh. Karena dalam pengajuan penelitian, bukan hanya dilihat dari subsatansi tapi juga format dimana kelengkapan administrasi wajib terpenuhi. 

Selain itu, utusan perguruan tinggi yang hadir diacara sosialisasi ini dapat menyampaikan pesan kepada seluruh dosen yang ada di masing-masing tempatnya mengabdi.

Narasumber dalam sosialisasi ini adalah Dr. Hendro Wicaksono selaku Kasubdit Pengembangan Teknologi Industri, Energi dan Transportasi Kemenristek Dikti. Dalam paparanya, peneliti harus berperan aktif dalam pengembangan industri dalam negeri.

“Kebutuhan bisnis, komersial, industri yang lebih tau, industri lebih paham. Peneliti hanya sistem, rangkaian. Terkait model, desain, bentuk industri lebih tau. Jadi dalam meneliti harus bekerjasama dengan industri,”ujar Hendro.

Karena itu, lanjutnya, peneliti tidak boleh bermain sendiri. Karena sudah terdapat beberapa contoh, produk yang dihasilkan tapi tidak diterima industri karena tidak sesuai dengan keinginan konsumen.

“Ketika penelitian kita menggantikan komponen impor itu menjadi suatu kemajuan. Itu meningkatkan devisa meningkatkan nilai tambah,”katanya.

“Kemandirian teknologi sebagai kunci. Kalau semua impor kapan kita mandiri kapan kita berprestasi,”katanya.

Diposkan Oleh : Taslimahudin

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya