Alhamdulillah, Kampus STT Ibnu Sina Terakreditasi B

18 Juni 2018

Akreditasi B


STT Ibnu Sina - Alhamdulillah, kampus STT Ibnu Sina Batam, telah mendapat pengakuan dengan terbitnya penetepan status akreditasi B, Rabu (6/6/2018) oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT). Sebelumnya, Proses asesmen dalam rangka akreditasi berlangsung, Senin (28/5/2018). Tim Asesor yakni Prof. Dr.Ing. Adang Suhendra,S.Si.,S.Kom.,M.Sc dan Ir. Subagyo,Ph.D melakukan evaluasi seluruh standar yang dimiliki.

Serangkaian kegiatan visitasi dilaksanakan dengan lancar,dimulai dengan sambutan dan presentasi Ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir. larisang,MT.,IPM. dilanjutkan dengan diskusi dan wawancara manajemen, para pimpinan Unit, dosen hingga mahasiswa. Peninjauan sarpras dan validasi serta verifikasi data dan informasi menjadi agenda  sebelum diserahkannya berita acara Visitasi Akrediatasi Perguruan Tinggi.

“Alhamdulillah, perjuangan kita bersama telah terbayar dengan dicapainya Akreditasi B dari BAN-PT. Ini membuktikan kita terus bergerak maju dalam memberikan jaminan kualitas pendidikan yang pada ujungnya tercipta generasi unggul berdaya saing global sesuai visi kita bersama,"ujar Larisang.

Untuk diketahui, dua program studi STT Ibnu Sina Batam, Teknik Informatika dan Teknik Industri juga sudah terakreditasi B. Dengan demikian, semua pelaksanaan sudah terstandar sesuai amanah dalam peraturan yang berlaku. 

Manfaat akreditasi sendiri, yakni memberikan jaminan telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat. Kemudian, mendorong program studi/perguruan tinggi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi.

Hasil akreditasi dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam transfer kredit, usulan bantuan dan alokasi dana, serta mendapat pengakuan dari badan atau instansi yang berkepentingan.

BAN- PT sendiri melakukan klasifikasi penilaian untuk semua kriteria tersebut berdasarkan tiga aspek, yaitu mutu, efisiensi dan relevansi. Penilaiannya mulai dari kualitas dosen/pengajar yang harusnya minimal S2. Bagaimana kelulusannya, manajemen pengelolaan kampus, fasilitas yang ada, kreativitas atau mutu mahasiswanya, hingga pengabdian terhadap masyarakat.
 

Diposkan Oleh : Taslimahudin

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya