Perhatikan Syarat dan Format, Jurnal Bisa Ter Indeks Internasional

02 September 2018

Workshop Penulisan jurnal

STT Ibnu Sina – Salah satu tugas utama dosen adalah penelitian yang dibuat dalam format jurnal. Guna menembus karya dosen ditingkat internasional harus mengikuti standar prosedur dan format yang ditentukan.

Dr. Saifuddin Kumar Abdullah dari Kementerian Pendidikan Malayasia saat memberikan materi workshop penulisan jurnal internasional terindeks Scopus mengatakan, untuk mengantarkan jurnal diakui ditingkat internasional harus mengikuti formatl yang diberikan.

“Sebelum mengantar perlu mengingat format. Kita bisa lihat melalui online,”ujar Saifuddin, pada kegiatan itu yang dilaksanakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STT Ibnu Sina Batam, Sabtu (1/9/2018).

Menurutnya, format ini sangat penting. Jurnal bisa ditolak hanya karena persolan sepele. Seperti tulisan judul tidak tebal.

“Padahal kalau mau, dia tinggal bold saja. Tapi ini tidak, langsung ditolak. Jadi sangat teliti. Begitu juga spasinya,”ujarnya.  

Setiap lembaga seperti scopus memeliki standar, termasuk dalam penulisan abstrak. Abstrak ini panjangnya tergantung dari  isi jurnal itu sendiri, bisa 200 kata bisa sampai 5000,

Dalam penulisan abstrak, kata Saifuddin ada tujuh hal yang harus dipenuhi, yakni tujuan, objektif kajian, metodologi, sampel, kajian, cadangan dan kesimpualn.

Workhsop ini diadakan di ruang serbaguna STT Ibnu Sina Batam yang dihadiri dari utusan 11 perguruan tinggi di Provinsi Kepri.

Ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir. Larisang,MT.,IPM. mengatakan, saat ini karya-karya ilmiah harus terus diterbitkan. Melalui workshop ini, diharapkan menjadi jalan mudah untuk go internasional.

“Di STT kita sudah mulai terus menggenjot penelitian. Bukan hanya dari dosennya tapi juga mahasiswanya karena menjadi tugas pokok kampus, yakni menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi,”ujarnya.

Larisang berharap, kedepan ada wadah khsusus antar lembaga penelitian kampus di Kepri. Adanya ini dapat memudahkan para dosen untuk berdiskusi saling mendukung.