Evaluasi Lapangan Tim Verifikasi Kemenristek Dikti, Ibnu Sina Layak Jadi Univeristas

Berita 10 Agustus 2019 Taslim 66



STT Ibnu Sina – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemeristek Dikti) bertandang ke kampus Ibnu Sina Batam guna melakukan verifikasi dan evaluasi penggabungan perguruan tinggi dibawah naungan Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam (Yapista), Sabtu (10/8/2019).

Tim verifikasi datang guna melihat beberapa aspek penting. Mulai dari legalitas, keuangan dan aspek umum lainya, seperti kelayakan gedung kantor dan lainya.

Tim independen utusan dari berbagai kampus ini, melakukan evaluasi lapangan. Hasilnya sesuai dengan pleno yang dipaparkan, tiga perguruan tinggi yang bernaung di Yapista  yakni STIE, STT dan STT layak digabungkan menjadi satu, berbentuk Universitas.

Kedepan, Universitas Ibnu Sina ini akan memiliki rektor dan susunan perangkat dibawahnya sesuai dengan statuta dan regulasi yang ada.

Direktur Pengembangan Kelembagaan Dikti, Dr. Ridwan yang menyaksikan pleno tim verifikasi ini sangat mengapresiasi dengan hasil yang diberikan. Menurutnya, pemerintah saat ini memang tengah memacu untuk mengefisiensikan perguruan tinggi yang ada.

Katanya, Indonesia sudah banyak memiliki perguruan tinggi. Perlu penyederhanaan guna mempercepat kualitas pendidikan tinggi.

“Hasil Pleno ini akan saya ajukan sebagai rekomendasi pembentukan universitas. Ini berarti perguruan tinggi kuantitasnya berkurang. Dari tiga menjadi satu,”ujarnya.

Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam, Andi Amang,MM. sangat berterima kasih kehadiran tim verifikasi ini. Data yang diberikan sesuai dengan lapangan dan hasilnya sangat menggembirakan dengan rekomendasi layak digabungkan tiga perguruan tinggi ini.

“Terima kasih atas verifikasi yang dilakukan. Niat menggabungkan tiga perguruan tinggi ini menjadi universitas sudah lama dan Alhamdulillah tim dari kementerian sudah turun,”ujarnya.

Ia berharap, Universitas Ibnu Sina dalam waktu dekat sudah terbentuk. Artinya, semua elemen yang ada didalamnya segera dilakukan penyesuian kebutuhan.




Top