Sasaran dan Strategi Pencapaian STT Ibnu Sina Batam

a. Sasaran, indikator dan strategi pencapaian STT Ibnu Sina Batam Tahun 2014 – 2019 sebagai berikut:

1. Sasaran sebagai indikator tingkat keberhasilan STT Ibnu Sina Batam “Menghasilkan lulusan yang unggul, berbudi luhur, berahlak mulia dan berdaya saing global dalam bidang teknik”.

No.

Sasaran

Uraian Sasaran

Strategi Pencapaian

Indikator

Base-

line

Target Pencapaian

2015

2016

2017

2018

2019

1

Lulusan yang unggul

Meningkatkan Mutu Dosen

Studi Lanjut Dosen (S3)

Jumlah dosen

1

0

4

4

4

4

Sertifkasi Dosen Tetap

Persentase Dosen yg tersertifikasi

0%

0%

36%

60%

80%

100%

Pelatihan Pekerti dan AA bagi Dosen tetap

Persentase dosen yg ikut pelatihan

40%

60%

70%

80%

90%

100%

Pelatihan Pengembangan metode pembelajaran

Persentase dosen tetap yg ikut pelatihan

50%

60%

70%

90%

100%

100%

Pelatihan Penyusunan Bahan ajar/modul

Persentase dosen tetap yg ikut pelatihan

60%

70%

80%

90%

100%

100%

Pelatihan/kursus bahasa inggris bagi dosen tetap

Persentase dosen tetap yg ikut pelatihan

20%

40%

50%

60%

100%

100%

Rekruitmen Dosen Tetap

S2 dan S3

2 Org

2 Org

2 Org

4 Org

4 Org

4 Org

Peningkatan Rasio Dosen Tetap Terhadap Mahasiswa

Rasio dosen terhadap mahasiswa

1:32

1:30

1:28

1:28

1:26

1:26

Peningkatan mutu mahasiswa

Peningkatan Animo calon mahasiswa baru

Rasio calon mahasiswa baru yang diterima terhadap yang mendaftar

4 : 5

3 : 5

2 : 5

1 : 5

1 : 5

1 : 5

Proses Seleksi diperketat

Prestasi Akademik/ Rangking kelas

1 s/d 10

1 s/d 10

1 s/d 10

1 s/d 5

1 s/d 3

1 s/d 3

Prestasi non akademi (Bidang Teknologi, Seni dan Olahraga) /minimal tingkat wilayah

1 s/d 3

1 s/d 3

1 s/d 3

1 s/d 3

1 s/d 2

1

Hasil Tes Seleksi (0-10)

6.5

7.5

8.0

8.5

8.5

8.5

Memfasilitasi mahasiswa dalam kegiatan akademik

Jumlah prestasi yang dihasilkan tingkat wilayah

2

4

6

8

10

12

Jumlah prestasi yang dihasilkan tingkat nasional

0

2

4

8

8

12

Jumlah prestasi yang dihasilkan tingkat internasional

0

2

2

4

6

8

Memfasilitasi mahasiswa dalam kegiatan non akademik (bidang seni dan olahraga)

Jumlah prestasi yang dihasilkan tingkat wilayah

4

8

12

16

20

20

Jumlah prestasi yang dihasilkan tingkat nasional

0

2

4

6

8

10

Jumlah prestasi yang dihasilkan tingkat internasional

0

2

2

6

6

9

Meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar.

Menetapkan beban mengajar dosen sesuai bidang keilmuan

Beban Mengajar (SKS)

12

12

12

12

11

11

Melakukan Koordinasi materi kuliah antar dosen parallel atau tim dosen (team teaching)

Frekuensi pelaksanaan

2

2

2

2

2

2

Mengembangkan e_learning pendukung pembelajaran

Persentase jumlah dosen pengguna e_learning

60%

70%

80%

90%

100%

100%

Melakukan Monitoring dan evaluasi perkuliahan

Frekuensi pelaksanaan

2

2

2

3

3

4

Penilaian proses perkuliahan oleh mahasiswa

Frekuensi pelaksanaan

2

2

2

2

2

2

Peningkatan jumlah dosen yang menggunaan bahan ajar berbahasa Inggris

Persentase bahan ajar berbahasa inggris

20%

30%

30%

40%

60%

70%

Peningkatan jumlah kelas yang menggunaan dua bahasa (bilingual) dalam perkuliahan

Persentase kelas yang menggunakan dua bahasa (bilingual)

0%

5%

10%

25%

40%

60%

Peningkatan metode pembelajaran

Persentase Peningkatan model pembelajaran

50%

60%

70%

80%

90%

100%

Meningkatkan IPK lulusan

IPK Rata-rata

2,85

2,95

3,00

3,05

3,10

3,15

Meningkatkan Masa tunggu lulusan mendapatkan pekerjaan

Rata-rata masa tunggu lulusan (bulan)

4

3

3

3

2

2

Peningkatan mutu layanan (profesionalisme karyawan/tenaga kependidikan)

Mengikutsertakan pegawai dalam program pendidikan dan pelatihan sesuai dengan bidang kerjanya

Jumlah Pegawai yang diikutkan dalam pendidikan/pelatihan

2

2

4

4

4

4

Peningkatan produktivitas kerja

Persentase Capaian Kinerja Karyawan

65%

70%

80%

90%

95%

95%

Peningkatan jumlah dan kapasitas sarana dan prasarana Proses belajar mengajar

Peningkatan jumlah prasarana ruang kelas dan ruang laboratorium

Jumlah Ruang Kelas

24

24

28

28

28

28

Jumlah Ruang laboratorium

2

2

4

6

6

8

Jumlah Ruang Dosen

14

14

16

18

20

22

Luas ruang perpustakaan (m²)

49

49

49

98

98

98

Jumlah ruang seminar

2

2

4

6

6

8

Peningkatan jumlah sarana PBM

a. Komputer

- Ruang kuliah

Jumlah komputer

24

24

28

28

28

28

- Laboratorium

Jumlah komputer

85

100

100

120

120

120

b. LCD/Projektor

- Ruang kuliah

Jumlah LCD dalam ruang kuliah

49

49

49

98

98

98

- Ruang seminar

Jumlah LCD dalam ruang seminar

2

2

4

6

6

8

- Laboratorium

Jumlah LCD dalam ruang laboratorium

2

2

4

6

6

8

c. Sambungan Internet

Kapasitas Bandwidth (GB)

10 Mbps

20 Mbps

30 Mbps

40 Mbps

50 Mbps

60 Mbps

Meningkatkan mutu sistem informasi akademik dan non akademik program studi

Membangun aplikasi sistem informasi akademik dan non akademik program studi :

Keuangan

Jenis Teknologi Jaringan

LAN

LAN

LAN

WAN

WAN

WAN

Inventaris

Jenis Teknologi Jaringan

LAN

LAN

WAN

WAN

WAN

WAN

Mahasiswa

Jenis Teknologi Jaringan

LAN

LAN

WAN

WAN

WAN

WAN

Kartu Rencana Studi (KRS)

Jenis Teknologi Jaringan

LAN

LAN

WAN

WAN

WAN

WAN

Jadwal mata kuliah

Jenis Teknologi Jaringan

LAN

LAN

WAN

WAN

WAN

WAN

Nilai mata kuliah

Jenis Teknologi Jaringan

LAN

LAN

WAN

WAN

WAN

WAN

Transkrip akademik

Jenis Teknologi Jaringan

LAN

LAN

WAN

WAN

WAN

WAN

Lulusan

Jenis Teknologi Jaringan

LAN

LAN

WAN

WAN

WAN

WAN

Dosen dan Pegawai

Jenis Teknologi Jaringan

LAN

LAN

WAN

WAN

WAN

WAN

Perpustakaan

Jenis Teknologi Jaringan

LAN

WAN

WAN

WAN

WAN

WAN

2

Lulusan Berbudi Luhur dan Berakhlak mulia

Tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan etika dan moral

Menerapkan nilai kedisiplinan, kejujuran dan kesopanan dalam proses perkuliahan

Persentase Ketaatan (kedisiplinan) terhadap aturan

70%

75%

80%

85%

90%

95%

Persentase tingkat Kesopanan

70%

75%

80%

85%

90%

95%

Persentase tingkat Kejujuran

70%

75%

80%

85%

90%

95%

Tidak ada keluhan mengenai moral dan etika lulusan dalam umpan balik pengguna lulusan

Konsultasi dan bimbingan akademik juga membina permasalahan psikologis dan moral

Frekuensi pelaksanaan

2

3

3

3

4

4

90% mahasiswa lulus mata kuliah agama dan kewarganegaraan minimal B

Persentase jumlah mahasiswa yg lulus dengan nilai minimal B

80%

85%

90%

90%

95%

95%

3

Berdaya saing global dalam bidang teknik

Kurikulum berbasis kompetensi yang membekali hard-skill (iptek) dan soft-skill s

Mengevaluasi dan merestrukturisasi Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan Menghimpun Kurikulum Inti sesuai bidang keahlian masing-masing prodi

Pelaksanaan evaluasi dan pemutakhiran kurikulum

V

-

-

V

-

-

Melakukan evaluasi GBPP, silabus, kontrak perkuliahan, RPKPS, modul dan bahan ajar

Pemuktahiran GBPP, silabus, kontrak perkuliahan, RPKPS

70%

80%

85%

90%

95%

100%

Meningkatkan kualitas dan kuantitas serta mengevaluasi modul/ bahan ajar

Persentase jumlah modul dan bahan ajar

60%

60%

70%

80%

90%

100%

Mengumpulkan umpan balik dari lulusan dan pengguna lulusan mengenai kurikulum

Melakukan umpan balik lulusan

1

1

1

2

2

2

Benchmarking dengan perguruan tinggi lain yang memiliki prodi yang sama

Pelaksanaan Benchmarking

V

-

V

-

V

-

Peningkatan kualitas tugas akhir

Mengevaluasi buku pedoman penulisan Tugas Akhir

Pelaksanaan Pemutakhiran pedoman

-

V

-

V

-

V

Monitoring, evaluasi, dan tindak lanjut pembimbingan

Frekuensi persemester

2

2

2

2

2

2

Mempercepat masa penyelesaian tugas akhir

Masa penyelesaian tugas akhir

6

6

6

5

5

4

Bekerja pada perusahaan multinasional

Memberikan pelatihan-pelatihan keterampilan keilmuan teknik sesuai prodi masing-masing

Frekuensi pelaksanaan

2

2

3

3

4

4

Pelatihan/kursus bahasa asing

Frekuensi pelaksanaan

1

1

2

2

3

3

Tes TOEFL/IELTS dengan nilai minimal 450/5,5 untuk mengikuti sidang skripsi

Frekuensi pelaksanaan

1

1

1

2

2

2

Mewajibkan mengikuti pelatihan keterampilan keilmuan teknik informatika yang bersertifikasi sebagai syarat sidang skripsi

Pelaksanaan

-

V

V

V

V

V

Peningkatan citra

Peningkatan nilai akreditasi institusi dan Prodi

Nilai Akreditasi Institusi

-

-

B

B

B

A

Nilai Akreditasi Program Studi Teknik Informatika

C

C

B

B

B

A

Nilai Akreditasi Program Studi Teknik Industri

C

C

B

B

B

A

Melakukan kerjasama dengan berbagai instansi

Jumlah Kerjasama

8

10

10

12

12

14

Penjaminan mutu internal

Persentase capaian pelaksanaan standar mutu

60%

70%

80%

90%

95%

100%

2. Sasaran sebagai indikator tingkat keberhasilan STT Ibnu Sina Batam "Menghasilkan pengetahuan empiris, konseptual dan karya teknologi untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan melalui hasil penelitian".

No.

Sasaran

Uraian Sasaran

Strategi Pencapaian

Indikator

Baseline

Target Pencapaian

2015

2016

2017

2018

2019

1

Peningkatan jumlah penelitian dosen dan mahasiswa

Setiap dosen tetap melaksanakan penelitian minimal 1 kali pertahun

Mewajibkan dan memfasilitasi dosen tetap melakukan penelitian

Jumlah penelitian

25

30

30

34

40

44

Mengikutsertakan dosen tetap dalam seminar atau lokakarya penelitian

Frekuensi pelaksanaan

2

2

4

4

4

4

Mahasiswa terlibat dalam penelitian dosen

Mengikut sertakan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dosen

Persentase Jumlah mahasiswa yang terlibat

40%

50%

55%

60%

70%

75%

Menyelenggarakan seminar atau lokakarya penelitian

Frekuensi pelaksanaan

1

1

2

2

4

4

Memberikan pembiayaan pada penelitian dosen dan mahasiswa

Frekuensi Pembiayaan

2

2

2

2

2

2

Peningkatan penelitian dosen yang sumber pembiayaannya berasal dari luar institusi

Persentase jumlah penelitian

10%

10%

15%

20%

25%

40%

Mengikusertakan mahasiswa dalam kegiatan/kompetisi ilmiah

Jumlah Mahasiswa/tim

6

6

8

10

14

16

Menyelenggarakan pelatihan metodologi penelitian dan analisis data

Frekuensi pelatihan

1

1

2

2

2

2

Me-reviuw buku pedoman penelitian

Pelaksanaan Revisi pedoman

-

V

-

V

-

V

2

Peningkatan Kualitas dan relevansi penelitian dosen

Menghasilkan penelitian yang empiris, konseptual dan karya teknologi

Mendaftarkan HAKI penelitian dosen

Jumlah Hak Paten/HAKI

0

1

2

4

4

8

Pengembangan Bahan ajar berdasarkan hasil penelitian

Persentase hasil penelitian yang dikembangkan kedalam bahan ajar

10%

10%

15%

20%

25%

30%

Mempublikasikan hasil penelitian dosen tetap

Mewajibkan mempublikaskan hasil penelitian dosen tetap

Jumlah Publikasi Lokal

23

14

11

10

10

8

Persentase Publikasi Nasional

0

14

16

18

22

26

Jumlah Publikasi Internasional

2

2

3

6

8

10

Pembuatan jurnal online internal

Pembuatan jurnal internal

-

-

V

-

-

-

Penerbitan jurnal online internal

Frekuensi penerbitan pertahun

-

-

3

3

3

3

3. Sasaran sebagai indikator tingkat keberhasilan STT Ibnu Sina Batam "Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dari hasil penyuluhan, pelatihan dan pembinaan masyarakat pada bidang teknologi".

No.

Sasaran

Uraian Sasaran

Strategi Pencapaian

Indikator

Baseline

Target Pencapaian

2015

2016

2017

2018

2019

1

Peningkatan jumlah pengabdian kepada masyarakat dosen dan mahasiswa

Setiap dosen tetap melaksanakan pengabdian kepada masyarakat minimal 1 kali pertahun

Mewajibkan dan memfasilitasi dosen untuk melakukan PKM

Jumlah PKM

12

16

20

26

30

34

PKM diarahkan pada pemanfaatan karya teknologi informasi

Persentase PKM yang diarhakan ke karya teknologi informasi

40%

50%

60%

70%

90%

100%

Peningkatan pembiayaan PKM yang bersumber dari luar

Persentase Jumlah Dosen yg dibiayai eksternal

30%

35%

40%

45%

50%

55%

Memberikan pembiayaan PKM bagi dosen dan mahasiswa

Frekuensi Pembiayaan

2

2

2

2

2

2

Mengikut sertakan dosen dalam kegiatan pelatihan/workshop PKM

Persentase dosen yang diikutkan

30%

40%

60%

80%

90%

100%

Melibatkan mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat dosen

Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan PKM

Persentase mahasiswa yg dilibatkan

60%

65%

70%

75%

80%

85%

2

Peningkatan Pengetahuan dan keterampilan masyarakat

Melaksanakan kegiatan penyuluhan, pelatihan dan pembinaan masyarakat

Melakukan Penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat pada bidang teknologi

Jumlah kegiatan Penyuluhan

2

4

4

6

6

8

Melakukan pelatihan-pelatihan penggunaan teknologi informasi

Jumlah kegiatan Pelatihan

2

4

4

6

6

8

Melakukan pembinaan kepada masyarakat (Desa dan UKM) pada bidang teknologi informasi

Jumlah Desa/UKM Binaan

1

2

4

6

6

8