Kesejahteraan Dosen, Bisa Melalui Penelitian

Berita 28 Maret 2019 Taslim 14



STT Ibnu Sina – Kesejahteraan dosen tidak hanya dilihat dari pendapat dari mengajar. Ada dua sumber pendapatan yang perlu dimaksimalkan, seperti penelitian dan pengabdian masyarakat.

Ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir. Larisang,MT.,IPM. mengatakan, penelitian dosen bisa menjadi sumber pendapatan yang tiada batas. Banyak aktifitas tersebut yang dibiayai pemerintah dan swasta .

“Karena itu, dosen tidak hanya bisa melihat pendapatan dari mengajar. Dosen harus melakukan penelitian, sebagai tugas pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi,”kata Larisang, dalam rapat yang dilaksanakan bersama unsur dosen STT Ibnu Sina Batam, Kamis (28/3/2019).

Karena itu, dosen STT harus memapu mengambil peluang tersebut. Sebagai stimulus, kata Larisang, kampus akan memberikan dana penelitian sebagai pemicu untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan penelitian.

Ketua LPPM STT Ibnu Sina, Albertus L Setyabudhi,MT. mengatakan, dosen tetap STT mempunyai kewajiban minimal satu penelitian dalam satu semeseter. Sebelum pengucuran dana, mereka wajib melakukan presentasi kepada kepada manajemen untuk disetujui.

“Kalau dikita, satu semester satu penelitian. Jika mereka lolos verifikasi, maka dana penelitian akan dikucurkan dari STT,”katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan seperti ini untuk mendorong dosen melakukan penelitian. Jangan hanya terfokus pada pembelajaran.




Top