KKL Angkatan 20, Gali Potensi Daerah Pulau Kundur

Berita 27 Juni 2019 Taslim 18


Pemberian cendramata kepada Sekrearis Lurah Tanjung Batu (baju Batik coklat) oleh Ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir. Larisang,MT

STT Ibnu Sina – Pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) angkatan 20, kali ini memilih lokasi Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun. Kehadiran cendikiawan muda ini diharapkan mampu mendorong masyarakat memanfaatkan hasil alam lebih optimal.

KKL dilakukan dengan menhadirkan sedikitnya 167 Mahasiswa yang dibagi dalam 14 kelompok. Mereka ditempatkan di dua wilayah dalam satu kecamatan, yakni Kelurahan Tanjung Batu Kota dan Desa Lubuk.

Ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir. Larisang,MT.,IPM. mengatakan, KKL meruapakan agenda rutin dan wajib sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pengabdian masyarakat. Banyak kegiatan yang dilaksanakan, mulai dari penyuluhan, olahraga, bimbingan dan motivasi lainya.

Hal terpenting dari ini semua yakni, menggali potensi daerah yang perlu disampaikan kepada masyarakat. Jangan sampai hasil alam yang ada tidak memiliki nilai yang optimal.

“Adek-adek mahasiswa kita ini turun membawa program pelatihan kepada masyarakat. Kita berharap, apa yang diberikan sangat bermanfaat. Sehingga dapat memberi nilai tambah,”ujar Larisang, saat sambutan pemerintah daearh, di Gedung Balai Sri Gading Tanjung Batu, Kami (17/6/19).

Katanya, masyarakat setempat harus mampu memasarkan produk lokal hingga luar daerah. Karena itu perlu penguasaan pemasaran yang tidak boleh terlepas dari teknologi. Hadirnya mahasiswa Teknik Informatika dari STT Ibnu Sina sangat tepat menjawab tantangan itu.

Disisi kemasan, distribusi dan lainya bisa memanfaatkan mahasiswa Teknik Industri. Jadi kolaborasi dua program studi ini diharapkan mampu memberikan kontirbusi kepada masyarakat.

Pelaksanaan KKL di Kecamatan Kundur dilaksanakan selama tiga hari, mulai kamis hingga Sabtu (27-29/6/2019).Banyak hal dilakukan, termasuk pemberian santunan kepada anak yatim piatu.

Sebelum ke Pulau Kundur, para mahasiswa juga melakukan kegiatan yang disama di Kota Batam, khususnya penyuluhan terhadap lebih dari 25 sekolah.

Sekretaris Desa Lubuk, M. Effendi, sangat mengapresiasi kedatangan para mahasiswa. Ia berharap hal yang sama terkait pengabdian yang diberikan.

“Masukan dan pelatihan yang diberikan sangat dinantikan untuk membangun daerah ini,”ujarnya.




Top