KKL Angkatan 20, Target Berdayakan Home Industri

Berita 10 April 2019 Taslim 40



STT Ibnu Sina – Kuliah Kerja Lapangan (KKL) angkatan 20 resmi dibuka. Ada 168 mahasiswa mengikuti kegiatan tersebut yang dilaksanakan di dua tempat, yakni Kota Batam dan Kabupaten Karimun.

Kegiatan di dua daerah ini lebih memfokuskan pada pelaku Home Industri, warga dan sekolah dengan pendekatan teknologi.

Ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir. Larisang,M.T. mengatakan, kegiatan KKL merupakan bentuk pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi, berupa pengabdian kepada masyarakat. Peserta KKL diharapkan mampu mentransfer ilmunya sehingga memberi nilai tambah bagi pelaku usaha, khususnya Industri Kecil Menengah (IKM).

“Jadi KKL ini merupakan penerapan ilmu. Selain hard skill juga ada soft skill. Soft skill ini bagaimana dilihat kemampuan mahasiswa melakukan lobi ke sekolah agar bisa masuk memberikan pelatihan. Hal yang sama bila berada ditengah masyarakat nantinya,”ujar Larisang, saat memberikan arahan umum saat pelepasan peserta KKL angkatan 20, Rabu (10/4/2019).

Peserta KKL kali ini dibagi dalam 14 kelompok dengan anggota campuran mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika dan Teknik Industri. Mereka memberi pelatihan setidaknya ke 45 sekolah di Kota Batam yang dibagi dalam delapan kecamatan.

Setelah pengabdian di Kota Batam, peserta KKL melanjutkan tugasnya di Kabupaten Karimun, tepatnya di Desa Lubuk dan Kelurahan Tanjung Batu Kecamatan Kundur. Kegiatan mereka disana, selain ke sekolah juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat.

Larisang menginginkan kegiatan KKL ini memberi kesan ditengah masyarakat. Karena itu diperlukan materi yang benar-benar tepat sasaran sesuai kebutuhan.

Sementara itu, Sekretaris Eksekutif Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam, drg. Andi Tendri Ummu, mengingatkan kepada peserta KKL untuk tetap bersikap baik ditengah masyarakat. Setiap tindakan yang dilakukan menjadi perhatian warga.

“Karena itu, tetap jaga nama baik Ibnu Sina. Jika ada yang berbuat salah, bukan hanya STT yang kena, tapi nama besar Ibnu Sina. Tetap bersikap sesuai dengan norma yang berlaku,”ujarnya.

Andi Tendri Ummu juga berkesempatan menyematkan almamater mahasisiwa sebagai tanda dimulainya kegiatan KKL tahun ini.  




Top