Kuliah di STT Lebih Mudah dan Efisien Dengan Adanya Model Pembelajaran Blended Learning

Berita 30 April 2019 Taslim 68


Rapat pembahasan teknis Model Pembelajaran Blended Learning

STT Ibnu Sina – Sebagai upaya turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, STT Ibnu Sina tanpa henti melakukan inovasi. Salah satu langkah yang diambil, mulai tahun akademik 2019/2020 kampus hijau ini mulai mengembangkan model pembelajaran dengan sistem blended learning.

Blended learning merupakan perpaduan tatap muka langsung dan kuliah Dalam Jaringan (Daring/online). Dikelas ini, mahasiswa lebih banyak belajar melalui perantara teknologi.

Ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir.Larisang,MT.,IPM. mengatakan, model pembelajaran dengan sistem blended learning ini lokasi bukan lagi halangan bagi calon mahasiswa untuk kuliah, apalagi bagi mereka yang terkendala waktu kerja.

“Adanya model pembelajaran blended ini sebagai upaya menjawab tantangan zaman era Teknologi 4.0. Pemanfaatan teknologi yang berkembang dijabarkan dengan membuka kelas online. Era digital ini, bisa kuliah dimana saja dan kapanpun,”terang kandidat Doktor UNP ini.

Ia menjelaskan, kelas blended ini sudah mendapat restu dari Kemenristek Dikti sehingga masyarakat tidak perlu khawatir mengenai legalitas nantinya. Semua sudah dijamin dan status yang diakui setara dengan perkuliahan reguler.

Baca : (Menristekdikti Dorong Perguruan Tinggi Kembangkan Pembelajaran Daring
https://ristekdikti.go.id/info-iptek-dikti/menristekdikti-dorong-perguruan-tinggi-kembangkan-pembelajaran-daring/ )

Blended Learning STT Ibnu Sina Batam nantinya lebih banyak belajar secara online. Jika kelas reguler dalam satu semeseter mahasiswa harus melewati 16 kali pertemuan tatap muka langsung (offline). Sementara model pembelajaran ini dominan dilakukan dengan teknologi.

Sekitar 70 persen pembelajaran dilakukan menggunakan, aplikasi seperti google meeting, academia edu, google class, Edlink dan Youtube serta media lain yang mendukung proses pembelajaran tersebut.

Metode pembelaran dapat berupa presentasi dosen, kuis, video, dan berinteraksi secara online melalui Learning Management System (LMS) yang bisa di akses melalui komputer, tablet hingga smartphone.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STT Ibnu Sina, Sanusi,M.Eng.IPM. mengatakan, saat ini ada tiga kelas yang dibuka, yakni kelas regular A (malam pukul 18.30 Wib – 21.45 Wib ) regular B (Pagi pukul 09.00 Wib – 15.00 Wib ) regular C (model pembelajaran  blended learning/online).

Katanya, masyarakat dapat memilih dua prodi, Teknik Informatika atau Teknik Industri. Keduanya sudah mendapat akreditasi B dari BAN-PT.

“Saat ini sedang berlangsung penerimaan gelombang II yang akan berakhir pada awal Mei. Setelah itu dilanjutkan dengan gelombang III yang berakhir Juli,”terang Sanusi.

Namun demikan, Sanusi menjelaskan, bila seleksi penerimaan mahasiswa gelombang II sudah mencukupi kuota maka besar kemungkinan gelombang III tidak akan dibuka. Jadi, bagi yang ingin kuliah diharapkan segera mendaftar sebelum penuh.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi, 081342359858, 081270890398 atau https://stt-ibnusina.ac.id




Top