Mahasiswa STT Tampil Di KDMI L2Dikti X

Berita 27 Juni 2019 Taslim 30


Mahasiswa STT tampil di KDMI LLDikti

STT Ibnu Sina – Tiga mahasiswa tampil dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (LLDikti) Wilayah 10. Kegiatan yang dihelat di Pekanbaru in, menampilakan utusan dari masing-masing kampus wilayah Provinsi Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri.

Mahasiswa yang berangkat diajang tersebut, yakni Yahya Rusliansyah, Mutiara Ayu Mawaddah dan Joko Purnomo.

Pelaksanaan lomba dilakukan pada 28 Juni 2019 di Hotel Pangeran Pekanbaru. Universitas Jambi berhasil menjadi Juara Pertama disusul oleh STIKES Perintis Juara Kedua, serta Universitas Riau dan Univeristas Mahaputra M. Yamin sebagai Juara Tiga.

Kegiatan ini merupakan kompetisi Debat Berbahasa Indonesia dengan mekanisme Asian Parlementary, yang merupakan KDMI pertama bagi LLDIKTI seluruh Indonesia.

Kompetisi ini, dipimpin I Nyoman Rajin Aryana dari Politeknik Negeri Bali yang telah berpengalaman dalam Penjurian Kompetisi Debat Nasional, bersama beberapa anggota juri dari PTN dan PTS di Wilayah X yang telah terakreditasi penjurian oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

“Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia ini adalah terobosan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan dalam pola pembinaan mahasiswa untuk mampu menguasai  pengetahuan global, menganalisis, membuat  penilaian,  dan meyakinkan publik, dan mengingat pada tingkat SMA kompetisi sejenis sudah lama terlaksana. Tidak menutup kemungkinan Kementerian mengusung kompetisi ini ke Tingkat Internasional” ujar Ketua Juri yang sekaligus merupakan Koordinator KDMI se-Indonesia pada kesempatannya memberikan arahan di Acara pembukaan Kamis 27 Juni 2019

Melihat animo perguruan tinggi yang sangat tinggi, untuk pelaksanaan tahun 2020 LLDIKTI Wilayah X akan memperluas kesempatan seluruh PT mengikuti KDMI dengan mekanisme Seleksi Tingkat Provinsi.




Top