Pastikan Anda Tercatat Sebagai Mahasiswa, Cek Data di Laman Kemenristek Dikti Berikut ini

Berita 17 Juli 2019 Taslim 198


Forlap Dikti

STT Ibnu Sina - Institusi pendidikan formal seperti perguruan tinggi wajib memiliki data mahasiswa sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan proses belajar yang dilalui sesuai ketentuan. STT Ibnu Sina dibawah pengawasan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) melakukan hal itu sebagai tanggung jawab memberikan legalitas pada mahasiswa.

Wakil Ketua I STT Ibnu Sina Batam, M. Ansyar Bora, MT.,IPM. mengatakan, penyampaian laporan ini merupakan seluruh kegiatan akademik yang disalurkan melalui Forum Laporan Pendidikan Tinggi (Forlap Dikti). Database di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) bisa juga digunakan sebagai rujukan pada lulusan institusi perguruan tinggi.

"Disana tersedia informasi sebagai capaian melaskanakan kegiatan akademik. Jadi mahasiswa STT Ibnu Sina Batam bisa cek namanya dilaman Ristek Dikti. Kalau tidak ada namanya disana, maka patut dipertanyakan,"ujar Ansyar, Rabu (17/7/2019).

Jika nama mahasiswa tidak tercantum disana, maka harus melapor. Karena tidak ada gunanya mendapat gelar sarjana tapi data di Forlap tidak ada.

Untuk mengetahui data anda, silakan perhatikan tutorial berikut ini ;

1. Kunjungi laman PDDIKTI di : https://forlap.ristekdikti.go.id/ atau http://forlap.dikti.go.id/

2. Setelah masuk di PDPT Dikti, selanjutnya silahkan masuk pada Menu > Pencarian Data sub menu > Profil Mhs

3. Kemudian anda akan diarahkan pada halaman Pencarian data mahasiswa.

4. Untuk nama perguruan tinggi silahkan masukkan Kode (ini jika anda tahu kode perguruan tinggi anda saja, supaya lebih cepat ketemu) tetapi jika tidak tahu, anda bisa tulis nama perguruan tinggi kalian, tulis perlahan saja nanti akan ditampilkan daftar perguruan tinggi tujuan anda. (Pastikan perguruan tinggi terdaftar)

5. Kemudian pilih prodi asal anda, kata kunci bisa NIM atau Nama (yang lebih tepat NIM)

7. Kemudian masukkan kode captcha dengan benar dan Klik > Cari Mahasiswa (jika captcha sudah betul akan tetapi masih dianggap salah oleh sistem, ganti/klik gambar captcha)

8. Setelah itu anda akan diarahkan ke laman data mahasiswa hasil pencarian (Selamat anda berhasil)

9. Untuk melihat detail mahasiswa silahkan klik Nama Mahasiswa anda, sehingga anda akan diarahkan ke laman detail profil mahasiswa.

10. Untuk melihat riwayat study bisa di klik tulisan > Riwayat Study

Kesamaan data yang ada di laman PDPT Dikti / Forlap Dikti, maka secara sah pengakuan atas keberadaan mahasiswa akan bisa diakui dan bisa digunakan sebagai rujukan.

Atau bisa melihat video : https://youtu.be/_aTZuI1RftQ

 




Top