Siap Bangun Ingkubator Teknopreneur, STT Jalin Kerjasama Dengan Surya Universitas

Berita 08 Desember 2018 Taslim 79



STT Ibnu Sina - Guna mendorong terciptanya star-up baru dengan mengedepankan pendekatan Teknopreneur, STT Ibnu Sina tengah menggalang dukungan dengan berbagai pihak. Salah satunya membangun kerjasama dengan Program Studi Enterpreneurship Surya University.

Nota kesepahaman ini tertuang dalam perjanjian yang dilakukan Ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir. Larisang,MT.,IPM. dan Dessy Aliandrina, Ph.D selaku Ketua Program Studi Entrepreneurship (Technopreneurship) Surya University disela sidang senat terbuka, Sabtu (8/12/2018).

Dalam kesepakatan tertuang keinginan bersama untuk melakukan kerja sama sebagai mitra dan bersama melihat potensi program-program untuk memperkuat hubungan sesuai tugas dan fungsi pokok masing-masing dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut:

Dalam pasal dua dikesepahaman tersebut, dimaksudkan untuk mewujudkan hubungan yang saling menguntungkan, saling menghormati, dan saling mendukung berdasarkan prinsip keadilan serta keseimbangan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung peningkatan mutu akademik.

“Bertujuan untuk meningkatkan akademik melalui penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi dengan memanfaatkan sumber daya dan fasilitas yang dimiliki para pihak sesuai fungsi dan tugas pokok masing-masing,” begitu bunyi kesepakatan tersebut.  

Ruang lingkup kerjasama ini adalah untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi yang terdiri terdiri atas, Bidang Pendidikan dan Pengajaran yang meliputi,

    1. Penyediaan instruktur serta pengembangan tenaga ahli di bidang entrepreneurship education dan technopreneurship;
    2. Pertukaran serta pengembangan metode, informasi dan bahan akademik di bidang entrepreneurship education dan technopreneurship;
    3. Pelaksanaan workshop/lokakarya/pelatihan/seminar dan/atau kuliah umum bagi mahasiswa, dosen dan/atau masyarakat untuk bidang entrepreneurship education dan technopreneurship;
    4. Focused Group Discussion terkait pengembangan kurikulum dan/atau pelaksanaan pendidikan dan pengajaran serta Incubator Business antara para pihak
    5. Pelaksanaan kegiatan, pemanfaatan sumber daya, informasi, jejaring dan penggunaan fasilitas untuk pengembangan entrepreneurship education dan technopreneurship.
  1. Bidang Penelitian yang meliputi, tapi tidak terbatas pada:
    1. Pertukaran informasi dan bahan penelitian;
    2. Pelaksanaan penelitian bersama melibatkan dosen dan/atau mahasiswa, dan tenaga ahli PARA PIHAK;
    3. Penyebaran (diseminasi/publikasi) dan/atau penerbitan hasil penelitian bersama pada jurnal lokal, nasional dan/atau internasional.
  1. Bidang Pengabdian Masyarakat yang meliputi, tapi tidak terbatas pada:
    1. Penyuluhan dan/atau sosialisasi di bidang entrepreneurship education kepada masyarakat;
    2. Bakti sosial yang melibatkan dosen dan/atau mahasiswa, dan staf .

Dikesempatan yang sama, STT juga melakukan kerjasama dengan PT. Mencast Offshore And Marine yang ditandatangi , Zulham Mariadin, ST. Selaku  HSES Manager. Kemudian dengan PT. Rainusa Indonesia yang ditandatangi John Friadi, S.Kom, M.SI.

Kedua perusahaan ini sepakat untuk mengadakan kerja sama secara kelembagaan dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia tanpa mengurangi tugas pokok masing-masing serta bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia kedua belah pihak serta meningkatkan pelaksanaan misi Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian).

Kemudian dalam batas-batas kewenangan yang ada dan sumber daya yang tersedia akan menyediakan fasilitas yang diperlukan untuk pelaksanaan kerja sama ini khususnya di bidang pelatihan dan sertifikasi berskala internasional serta kuliah umum atau kuliah tamu dan workshop bagi dosen, mahasiswa dan alumni Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam.




Top