Tahun Ajaran Baru, STT Terapkan Kurikulum Baru

Berita 03 Juli 2019 Taslim 65


Para dosen dan manajemen STT Ibnu Sina rapat pengembangan kurikulum

STT Ibnu Sina - Output lulusan perguruan tinggi sangat ditentukan dari kurikulum yang diberikan kepada mahasiswa. Karena itu, menghadapi perkembangan zaman begitu pesat STT Ibnu Sina saat ini tengah menyusun kurikulum baru.Targetnya, Tahun Akademik (TA) 2019/2020 sudah direalisasikan kepada mahasiswa.

Penyusunan kurikulum ini merupakan pengembangan yang sudah diajarkan. Menurut Ketua STT Ibnu Sina Batam, Kurikulum yang akan diterapkan tidak hanya berfokus pada orientasi kerja.

"Masalahnya saat ini, bukan di sertifikasi atau tidak. Tetapi jumlah yang dibutuhkan (perusahaan) terbatas. Dari segi akademik sudah oke, daya saing oke. Karena itu, daya saing mencari kerja pilihan kedua,"ujar Larisang, dalam rapat pengemabangan kurikulum, Rabu (3/7/2019).

Ia menegaskan, kurikulum dirancang berbasis keterampilan. Output ilmu yang didapatkan bagaimanan mahasiswa terampil menggunakan secara mandiri. Mereka bisa menciptakan peluang usaha.

Selain kurikulum, Larisang menegaskan model pembelajaran perlu diperhatikan. Sebab, hal ini sangat menentukan capaian yang dimiliki mahasiswa.

"Kita maunyanya berbasi produk atau proyek. Karena itu, yang perlu diperkuat adalah praktikum,"ujarnya,

Perubahan yang sangat pesat dan cepat disemua sektor kehidupan khususnya dunia kerja, mendorong perguruan tinggi perlu membekali lulusannya dengan kemampuan adaptasi dan kreativitas agar dapat mengikuti perubahan zaman.

Wakil Ketua I STT Ibnu Sina Batam, M. Ansyar Bora, MT. mengatakan, kurikulum yang disusun akan mengikuti regulasi pemerintah. Kurikulum perguruan tinggi dikembangkan dan dilaksanakan berbasis kompetensi (KBK).

"Kita tetap mengacu pada Perpres No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI),"terangnya.




Top