Tinjau Visi Misi, Prodi di STT Siapkan SDM Berjiwa Teknopreneur

Berita 02 Mei 2019 Taslim 22



STT Ibnu Sina - Pengembangan dan arah perguruan tinggi dapat dilihat dari tujuan jangka panjang yang ditetapkan. Hal ini dituangkan dalan visi dan misi nya sehingga setiap program yang dikeluarkan mengarah sesuai alur yang sudah disepakati.

Melihat kondisi terkini dan jangka panjang, Program Studi Teknik Informatika dan Teknik Industri melakukan peninjauan visi misi guna menjawab tantangan zaman, khusus nya output yang akan dihasilkan nanti.

Wakil Ketua I STT Ibnu Sina Batam, M. Ansyar Bora,MT.,IPM. menuturkan, visi yang tertuang saat ini memang akan berakhir pada akhir 2019. Selain karena masanya berakhir perlu penyusunan target secara umum yang dituangkan dalam visi.

“Perumusan ini menjelaskan tentang pengertian dan konsep dasar Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Prodi di  STT Ibnu Sina,”ujar Ketua Panitia Perumusan Visi Misi Prodi ini, saat rapat digelar selama dua hari, Kamis – Jumat ( 2-3/5/2019).

Dalam perumusan ini, penyusunan dibagi dalam dua kelompok, sesuai dengan prodi maing-masing, baik Teknik Informatika dan Teknik Industri. Setiap kelompok terdiri dari Ka Prodi, dosen dan manajemen lainya.

Hasil perumusan ini berbentuk draft yang nantinya akan dilokakaryakan dengan mengundang stakeholder terkait untuk ditetapkan menjadi visi misi, tujuan dan sasaran Prodi di STT Ibnu Sina Batam.

“Setelah muncul draft ini, nanti akan kita lokakaryakan. Disana kita akan undang stakeholder terkait untuk memberi masukan mengenai target kita ini,”ujarnya. 

Adapun visi yang dimunculkan dalam draft nantinya sesuai ksepekatan rapat yakni “Menjadi Program Studi Unggulan, Bermartabat, Berjiwa technopreneur,  Bereputasi Nasional di Bidang Teknik Industri / Teknik Informatika pada Tahun 2034”

Visi yang ada ini merupakan turunan dari Visi STT Ibnu Sina Batam. Diharapkan setelah ditetapkan, semua manajemen dapat memahami agar tujuan ini  tercapai.

Ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir. Larisang,MT.IPM. mengatakan, semua poin yang ada didalam visi ini merupakan tujuan bersama dimana salah satu hal pentingnya adanya kata teknopreneur.

“Output dari visi ini salah satunya dapat melahirkan sarjana yang berjiwa teknopreneur. Jiwa yang dimaksud dimana orientasinya tidak hanya mampu bekerja. Tapi juga mampu berjiwa usaha dengan memanfaatkan teknologi,”terangnya.

“Jiwa teknopreneur itu, jika menjadi pengusaha maka akan menjadi pengusaha sukses. Jika ia sebagai pekerja, maka ia juga akan sukses dengan karir cemerlang. Karena yang dibina itu adalah jiwanya,”terangnya.




Top