Workshop Algoritma, HMTI Hadirkan Lima Pakar Programer

Berita 15 Desember 2018 John D. Rova 123



STT Ibnu Sina - Guna mendorong terciptanya programmer handal dikalangan mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika menggelar workshop selama dua hari, Sabtu-Minggu (15-16/12/2018). Kegitan mengangkat tema ‘Developing Forward Chaining Algorithm Of Inference Engine’ menghadirkan lima orang narasumber.

Para narasumber itu adalah, M.Ropianto, M.Kom., Hanafi, M.Kom., Okta Veza,M.Kom., Atman Lucky F, M.Kom dan John Dhaini Rova, S.Kom.

Mereka memaparkan masing-masing materi terkait programmer dihadapan ratusan peserta workshop yang berlangsung di Aula STT Ibnu Sina Batam.

Dalam pengantarnya, Ropianto menjelaskan, sistem pakar adalah program AI dengan basis pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman dan pengetahuan pakar atau ahli dalam memecakan persoalan pada bidang tertentu dan didukung mesin inferensi yang melakukan penalaran atau pelacakan terhadap sesuatu atau fakta-fakta dan aturan kaidah yang ada dibasis pengetahuan setelah melakukan pencarian hingga dicapai kesimpulan.

“Dengan adanya sistem pakar maka semua bidang ilmu bisa diwakili dengan namanya sistem pakar,”ujarnya.

Jika semua sudah memahami, maka tinggal diprogramkan dengan menggunakan bahassa pemograman apa saja, seperti visual basic, Delphi,C,C++, Java dan lainya.

Para pembicara dalam workshop ini, juga mengajak seluruh mahasiswa untuk praktek langsung menggunakan bahasa pemograman yang mereka inginkan.




Top